Dahsyatnya Syukur & Ikhlas

Tulisan ini kutulis tanpa ada tujuan apapun. Aku menulis semuanya itu hanya untuk diriku. Apapun yang ada diblog ini. Aku mencoba mengkaji apapun yang kulakukan dalam hidupku, terutama sesuatu yang berhubungan dengan spritual.

Alhamdulliah… Aku teringat kembali tentang beberapa web yang pernah ku baca tentang syukur dan ikhlas. Memang sangat luar biasa sekali bila diterapkan.

Sebenarnya, kata syukur dan ikhlas sudah sangat sering ku dengar. Semenjak kecilpun, aku sudah biasa mendengarnya. Namun, aku mulai paham ketika membaca satu buku bestseller karangan Erbe Sentanu denga judul “Quantum Ikhlas”. Rupanya seperti itulah sifat ilmu. Memang benar seperti apa yang dikatakan seorang ustad di saat aku travelling ke Pulau Nasi. “Ilmu terkadang tidak langsung kita dapat. Diawal-awalnya kita hanya tahu, namun tidak paham. Baru kita paham bukan ketika kita tahu, bisa saja satu minggu, bulan dan bahkan satu tahun kedepan baru kita paham. Itulah ilmu”. Aku betul-betul teringat kata itu.

Ada beberapa kebiasaan yang kulakukan di waktu dan sudah lama kumeninggalkannya. Hari ini, aku mencoba untuk selalu melakukannya. Karena banyak sekali hal-hal yang sangat luar biasa terjadi dengan bersyukur. Dianatara hal-hal yang kulakukan dan harus terus kulakukan adalah:

  1. setiap selesai shalat Isya atau witir sebelum tidur, aku biasanya menulis Gratitude Journal alias Jurnal Syukur. For Example: (1) I am grateful having dinner with my family, (2) I am grateful My gf wake me up in the morning. (3) I am grateful My financial is increase again. (4) I am grateful my family supports me. etc. Itu semua kutulis dengan tangan dan penuh perasaan bersyukur kepada Allah SWT.
  2. Setelah menulis itu semua, aku juga menulis beberapa hal yang harus kulakukan esok harinya.
  3. Dan kemudian Aku memohon kepada Allah SWT agar semuanya berjalan dengan lancar dan tetap dalam naunganNya.
  4. Pada pagi harinya, setelah shalat subuh, biasanya aku menulis beberapa affirmasi dan kutulis samapi satu halaman buku dengan penuh perasaan.
  5. Setelah itu, aku menvisualisasikan hal-hal yang kuinginkan sudah terjadi dan langsung aku bersujud syukur.
  6. Sebelum pergi beraktivitas, aku melakukan shalat dhuha 4 rakaat.

Itu smua hal yang sering kulakukan dan sudah lama kutinggalkan. Saat kupikir kembali hal-hal Miracle yang kudapatkan, memang sangat luar biasa sekali. Dan aku ingin kembali melakukannya dengan lebih ikhlas lagi serta istiqamoh.

Ada beberapa hal juga yang saat ini kuubah, yaitu tepat pada poin 5. Dulu, biasanya melakukan meditasi ringan sebelum sujud syukur. Namun ketika kutemukan sesuatu yang lebih dahsyat dari pada meditasi, yaitu zikir dalam bentuk Tarekat, aku mulai membiasakan melakukan itu. Memang sangat luar biasa dan dahsyat.

Semoga diriku dan keluargaku serta orang-orang yang kukenal tetap terus berada dalam naunganMu Ya Allah. Tetap terus tunjukkan jalan yang terbaik bagiku. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s