Dicipline

 

Lama sudah diriku tidak menulis, terutama di blog yang ku buat ini. Mungkin teralu sibut di FB alias Facebook.

Okey, Back to Dicipline.

Sebenarnya, talking about dicipline, baru saja Aku mendapatkan pengalaman baru. Setelah menyadari banyak hal, Aku baru menyadari bahwa teryata ketidakdisiplinan itu sangat berhubungan dengan spritualitas. Dan juga, kedisiplina juga bisa ditingkatkan dengan meningkatnya spritualitas diri.

Beberapa waktu yang lalu, Aku masih ingat bahwa banyak hal yang terus ku lakukan untuk meningkatkan spritualitas. Contoh shalat, Aku terus berusaha tetap shalat tepat waktu dan tidak pernah tinggal. Dan hal itu rupanya memberikan feedback kepada diriku juga. Yaitu, setelah mereview bahwa waktu itu pula, kedisiplina ku meningkat tajam. Hanya berlatih dengan shalat tepat waktu. Aku masih ingat. Waktu itu selalu saja tepat waktu untuk memenuhi janji dan hal lainnya. Luar biasa sekali.

Namun, beberapa hari ini, kedisiplinanku betul-betul menurun. Ketika ku review kembali, rupanya faktornya adalah spirtualitas (terutama shalat). Akhir-akhir ini, shalat sudah sering tidak tepat waktu dan bahkan sering harus mengkadha hanya karena alasa sibuk. Rupanya itu memberikan feedback yang tidak baik juga bagi diriku, terutam kinerja. Dengan tidak disiplinnya shalat, maka sama akan terjadi ketidakdisiplinan kinerja.

Ini mungkin bisa menjadi pelajaran besar dalam hidupku. Dan juga bagi pembaca. Jadi, salah satu cara untuk apply disiplin adalah dengan mendisiplinkan shalat. Bahkan, mungkin, kita bisa melihat kedisiplinan orang melalu kedisiplinan shalatnya. Mungkin penilaian tersebut terlalu objective, tapi aku yakin dan percaya bahwa Anda bisa menilainya sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s