The Miracle of “syukur”

Satu hal lagi yang sangat luar biasa terjadi. Dan memang benar bahwa syukur itu memang luar biasa. Alhamdullilah aku telah mengenal banyak tentang arti syukur. Namun itu semua masih belum cukup bagiku. Aku harus tetap terus menuntut ilmu sebanyak-banyaknya. Keajaiban ini terjadi bukan pada diriku, tapi dengan menulis ini setidaknya aku semakin percaya akan keluarbiasaan sang maha luar biasa yaitu Allah Azza Wajalla.

 

Beberapa hari yang lalu, aku menerima telpon dari seorang siswaku dengan inisial K. Ia betul-betul sangat berterima kasih kepadaku. Akupun juga semakin penasaran dan langsung bertanya apa yang terjadi. Kemudian ia menceritakan bahwa semenjak dirinya curhat padaku tentang masalahnya, perubahan demi perubahan mulai terjadi sedikit demi sedikit.

 

Sebenarnya, ini semua bermula ketika aku mengajar di IES waktu itu, dan aku ingat bahwa aku pernah ditanyai oleh siswa kenapa aku selalu terlihat bahagia. Kemudian aku menjelaskan bahwa masalah itu memang ada dalam kehidupan, masalah adalah bagian dari kehidupan. Namun seberat apapun masalahnya, tetap ingat yang maha kuasa dan katakan “Wahai masalah yang besar! Aku masih punya tuhan yang maha besar”. Dan waktu itu pula, aku mengatakan denga nada bercanda “kalau punya masalah hubungi aku, kalau ngak bisa aku bantu, aku banting saja nanti”.

 

Setelah berselang beberapa hari, ia menghubungiku untuk bertemu face to face. Aku menyetujuinya dan kita ketemu di sala satu café di Banda Aceh. Di sana, ia menceritakan tentang permasalahan keluarganya sampai-sampai ia meneteskan air matanya di depanku. Waktu itu aku betul-betul tidak tahu harus berbuat apa. Aku mengatakan padanya agar jangan ditahan, kalau mau menciritakannya, cerita saja seluruhnya, apapun itu sampai benar-benar terasa puas. Waktu itu aku hanya jadi pendengar budiman saja.

 

Ketika semua uneg-unegnya dikeluarkan semuanya sampai ia puas, aku menjelaskan sedikit ilmu atau pengalaman yang aku dapatkan padanya. Salah satunya yang kujelaskan tenta bersyukur terhadap apa yang terjadi. Dan aku juga sharing apa yang biasanya kulakukan agar semuanya itu menjadi lebih baik. Aku masih ingat bahwa aku pernah memberikan beberapa saran penting, diantaranya:(1) setiap selesai shalat berdoalah apa yang diinginkan, (2) kemudian rasakan dan bayangkan bahwa permitaan tersebut telah diterima dan terjadi dalam kehidupan sekarang, (3) terus, bersyukurlah, ucapkan alhamdulillah ya Allah dan lansung sujud syukur sambil merasakan bahwa permintaan itu sudah terkabul saat ini. Selain itu, aku juga menyarankan agar selalu mengucapkan kata-kata positif mulai dari pagi hari dan lakukan afirmasi setiap pagi sebelum beraktivitas atau sesudah shalat dhuha. Itu semua adalah saran yang memang aku lakukan setiap hari. Semuanya itu aku dapatkan dari Erbe Sentanu dalam bukunya “Quantum Ikhlas” dan “Zona Ikhlas”. Dan juga dari salah satu training dahsyat yang aku ikuti.

 

Semenjak itu, ia melakukannya terus setiap hari dan setiap hari. Sampai akhirnya ia mendapatkan sesuatu yang luar biasa dalam hidupnya. Alhamdullah permasalah keluarganya tersebut sudah selesai. Aku mengatakan kepadanya jangan berterima kasih padaku, Allah-lah yang menjadikan semuanya itu terjadi tetap terus bersyukur dan terus bersyukur padaNya. Apapun yang terjadi, itulah yang terbaik. Percayalah bahwa Allah tidak akan menguji ummatnya diluar kemampuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s