Katanya mengajar itu asyik

Di setiap kehidupan, sering sekali saya mendengar orang mengatakan “Mengajar itu asyik”. Sungguh sebenarnya itu bukanlah pendapat saya. Saya juga tidak pernah mengeluarkan pendapat itu. Seingat saya. Namun demikian, pendapat itu sudah pasti keluar dari mulut seorang pengajar. Walau ada juga keluar dari mulut non pengajar.

Bagi saya sendiri, kalimat itu ada benar. Benar pada waktunya. Dan juga bisa salah. Salah pada waktunya pula. Benar, kalau si pengajar itu mendapatkan material ataupun bayaran yang memuaskan atau cukup. Tetapi, salah dan tidak benar kalau si pengajar hanya mendapatkan sedikit bayaran. Kurang dari cukup. Apalagi orang yang hanya punya penghasilan atau penghasilan utamanya itu dari mengajar. Maka sungguh biaya hidupnya adalah hal yang sangat perlu diperhatikan.

Banyak sekali pengajar yang mempunyai dilemma seperti dalam hidupnya. Baik itu yang mengajar di sekolah (non PNS), lembaga-lembaga pemerintah atau non pemerintah, bahkan lebih-lebih lagi pada kursus. Mereka dibayar benar-benar sangat tidak sesuai terkadang.

Tulisan ini sebenarnya bukanlah untuk mencap kalau pengajar itu bukanlah profesi yang tidak baik. Namun mengajar itu juga merupakan profesi yang mulia. Karena demikian, seharusnya pengajar itu harus terus mendapatkan pemasukan yang sesuai. Apalagi tekadang biaya hidup dan biaya operasionalnya lebih besar dari bayaran yang didapatkan.

Sungguhlah sangat ironis kalau ini masih ada. Zaman sangat canggih sekali sebenarnya. Banyak teknologi dan banyak fasilitas serta cara untuk mencari uang disamping mengajar. Apalagi bagi pengajar yang hanya mengajar 1 jam atau 2 jam saja dalam sehari, seperti instructor kursus. Banyak waktu luang yang bisa dimamfaatkan. Bisa melihat peluang untuk mengerjakan bisnis oline, Internet Marketing, SEO (Search Engine Opitamation) ataupun Forex trading.  Masih banyak juga bisnis sampingan lainnya.

Yang pastinya, sungguh mengajar itu asyik kalau pendapatan juga asyik. Mengajar itu juga asyik, walau tidak dibayar, kalau kita punya penghasilan lain yang juga asyik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s