Modal di bisnis

Dalam melakukan bisnis apa saja, hal yang paling penting adalah modal. Ada banya orang yang masih berpikir banyak untuk modal. Dan gara-gara kendala modal, mereka tidak bisa menjalankan bisnisnya. Hal inilah yang sering terjadi bagi orang baru yang memulai bisnis.

Bicara tentang modal, orang akan berpikir bahwa modal itu adalah uang. Sebenarnya, modal utama dari semua bisnis adalah waktu dan ide. Itulah yang penting. Tanpa adanya ide tidak ada yang namanya bisnis. Selanjutnya adalah menjalankan ide tersebut.

Dalam menjalankan ide tersebut, yang dibutuhkan adalah focus dan focus dan focus. Sering pebisnis baru banyak yang tergoda dengan bisnis lainnya untuk diikuti. Sementara, ia sudah memulai bisnis yang bagus. Inilah yang menyebabkan seorang pebisnis baru gagal. Fokus adalah hal penting. Dalam fokus, sudah temasuk waktu yang kita habiskan untuk terus menjalankan bisnis yang sudah dipilih.

Modal terakhir dalam berbisnis adalah uang. Konsep yang harus di tanamkan dalam mindset bahwa uang yang kita jadikan sebagai modal adalah hilang. Semua pebisnis mengakui hal itu. Mereka menganggap bahwa modal –uang – mereka sudah hilang. Jadi, langkah selanjutnya hanya menyusun dan menjalankan strategi untuk mendapat keuntungan.

Konsep tentang uang, seperti ini, harus ada. Alasan utamanya adalah agar pebisnis tidak takut begerak. Ketika pebisnis menganggap uang mereka sudah hilang, jadi mereka akan fokus  melakukan strategi untuk mendapatkan keuntungan. Hal inlah yang dilakukan oleh banyak pebisnis yang benar-benar sukses.

Selain itu semua, ada satu hal lagi yang harus dilakukan oleh pebisnis pemula. Yaitu, ketika keuntungan sudah ada, maka ambillah modal awal dan jadikan keuntungan sebagai modal. Jangan menikmati dulu keuntungan awal. Dengan begitu, pebisnis akan tidak terganggu psikologi dalam mengelola keuangan. Walaupun demikian, banyak juga pebisnis pemula yang tergoda untuk berfoya-foya dengan keuntungan awal. Padalah, keuntungan itu bisa dijadikan modal dan mengambil modal awal.

Itulah hal yang harus dipahami oleh setiap pebisnis pemula. Sabar dan punya strategi adalah hal yang paling penting dalam berbisbinis. Baik berbisnis forex trading, bisnis online lainnya atau konvensional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s