Terlalu banyak pilihan kadang juga bisa bingung

Sebelumnya saya sudah menulis tentang pemanggilan dari LP3I untuk menjadi bagian dari mereka. Saya sudah diwawancara kembali. Tepanya sih bukan wawancara tapi tawaran. Terlihat sekali mereka lagi kesulitan. Namun, justru hal yang sangat sulit saya alami ketika dihadapan untuk memilih.

Jujur saja, saya sebenarnya dari semenjak remaja, selalu diberikan kebebasan dalam memilih apapun. Orang tua saya selalu bilang, “kalau itu memang baik ambil saja”. Mereka tidak pernah memaksa saya untuk memilih apapun. Semenjak saya ingin masuk perguruan tinggi pun juga begitu. Waktu itu, saya lewat di Jurusan Komunikasi Penyiaran (IAIN), TEN/ Bahasa Inggris (IAIN), Teknik Mesin (USK). Lagi-lagi orang tua saya memberikan kebebasan untuk memilih.

Bagi kebanyakan orang, mungkin menganggap itu hal yang baik. Namun, bagi saya tidak selalu begitu. Walau sebenarnya, saya bersyukur punya orang tua dengan sikap itu. Tapi, bila teralalu bebas juga, saya benar-benar bingung. Contoh kejadian yang saya alami saat ini lah. Ketika saya harus memilih untuk mengambil LP3I atau stay di Banda Aceh. Mereka juga  lagi-lagi memberikan kebebasan bagi saya untuk memilih sendiri. Padahal saya benar-benar ingin ada satu titik temu (bukan dipaksa), namun terkadang hal itu saya butuhkan.

Saya sudah menjelaskan plus-minus terhadap 2 pilihan itu. Mereka dengar. Mereka bertanya. Mereka kasih pendapat. Namun, selalu dalam konsep untuk bebas memilih. Sebenarnya, yang saya tunggu adalah kalimat, “kamu ambil ini saja” atau “kamu ambil itu saya”. Pokoknya, something like that lah. Jadi, saya juga tau pinginnya orang tua saya apa, gitu.

Saya suka sekali dengan kisah Deddy Corbuzier, pesunlap Indonesia. Ia pernah berkata pada saat wawancara di acara Mata Hati, Kompas. Ia bilang, “Saya tidak punya pilihan lain, makanya saya memilih jalan ini”. Sehingga , saya menggambil kesimpulan bahwa ketika kita tidak punya pilihan lain, hanya satu pilihan saja, maka kita akan terus maksimal. Mungkin begitu.

Leave a Reply

