Jangan ada ketergantungan

Berdiri di atas kaki sendiri
Berdiri di atas kaki sendiri

Barusan saya membaca status salah seorang sahabat di Jejaring Sosial ternama. Yaitu mengenai ketergantungan. Ketergantungan terhadap orang lain.

Ada beberapa contoh ketergantugan yang sadar tidak sadar, kita sering menjalaninya. Misal, kita tergantung pada seorang teman dapam belajar
Tanpa dia, kita tidak bisa belajar. Contoh lain, kita tergantung pada pekarjaan yang ada. Tanpa itu, kita tidak bisa makan. Dan masih banyak lagi contoh ketergantungan lain. Saya menyebunya dengan istilah “ketergantungan individu”.

Satu hal mesti diingat bahwa beda antar tergantung dengan kerjasama. Tergantung adalah tanpa dia, tanpa mereka, maka kita tidak bisa berbuat. Sementara kerja sama adalah kerja yang dilakukan bersama dengan keuntungan bersama juga. Dalam kerjama adanya saling membagi tugas. Walau job desk tersebut kita bisa melakukannya, namun dalam kerja sama kita juga mesti rela berbagi kinerja secara bersama.

Dengan tidak adanya ketergantungan individu, kita mampu berdiri sendiri. Kita mampu walau harus memulai dari nol nantinya. Kita mampu menghindari intervensi luar, baik kehidupan pribadi, karir dan lain-lain.  Karena kwtergantungan sama juga dengan adiktif (zat beracun yang membuat orang tergantung). Gara-gara adiktif inilah yang menyebabkan ganguan otak kanan kita, menyebabkan hilangnya kreatifitas, menyebabkan kebodohan dan ketakutan. Efek samping yang paling parah adalah tidak mampu untuk hidup.

Sunguhlah hal yang positif bila sikap mandiri itu diterapkan pada siswa atau peserta training, anggota komnitas, club dan sebgainya. Jadi, mereka punya kemampuan untuk memulai apa saja secara mandiri. Mereka sudag melihat, sudah kita ajarkan, sudajh kita duplikasikan. Maka, mereka nantinya juga bisa melakukan sama sperti kita dan bahkan lwbih baik.  Selalu tanamkan sama seperti ilmu bisnis yang diajarkan olejh Purdi. e. chandra.  Yaitu ATM, AmatiTiru dan Modifikasi.

Dengan begitu, setiap orang bakalan punay kemampuan yang luar biasa. Insya Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s