Renungan Ba’da Subuh, buku bertopik ringan

image
Renungan Ba'da Subuh oleh Syekh Abdul Hamid el-Bilali

Buku Renungan Ba’da Subuh ini saya pilih untuk agenda reading club minggu ini. Tertarik untuk share sama kawan-kawan yang lain dengan genre yang sedikit berbeda. Yaitu genre spritual. Biasanya sih genrenya motivasi atau pengembangan diri. Kali ini saya coba yang sedikit ringan dengan berat buku yang ringan, bahasan yang ringan dan pemahaman yang ringan dimengerti.

Buku karya Syekh Abdul Hamid al-Bilali ini bengitu besahaja kata-kata yang digunakan. Menceritakan akan pandangan penulis terhadap fenomena, hal-hal yang dihadapi dan bahkan pengalaman sendiri serta bahkan pengalaman teman-teman dekatnya. Setiap kisah tersebut ia padukan juga dengan hikmah. Sangat ringan sekali untuk membacanya, namun menyentuh sekali pada setiap pembahasan. Tidak menggurui.

Selain kelebihan pada bahasannya, buku ini juga cocok untuk rujukan ceramah. Kecil dan mudah dibawa. Enak sekali dibaca sebagai bacaan snap reading. Sambil istirahat, setelah shalat dan kapanpun ada waktu luang. Membaca buku ini juga seperti membaca sebuah blog personal seseorang. Artinya, kita bisa baca per bab dalam waktu tidak sampai lima menit sudah selesai. Saya biasanya, setelah membaca satu bab langsung merenung dulu sebentar. Keren. Menarik sekali.

Kalau boleh jujur, sebenarnya dari covernya membuat saya malas baca. Saya beli ini buku tahun juli 2005. Artinya setelah tsunami. Tsunami menjadi banyak dijadikan topik utama banyak tulisan. Ini yang membuat saya berpikir kalau buku ini adalah buku murahan. Buku ikut-ikutan dengan yang lain. Namun, setelah membaca bab pertama, kedua dan seterusnya, terasa nyaman dan ringan dengan bacaan berkualitas. So, don’t judge book by the cover!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s