Sebungkus penawar duka untuk gempa Gayo, Aceh Tengah.

image
Ala kadarnya untuk Gayo, negeri di atas awan

Ketika beberapa hari yang lalu terjadi gempa, awalnya saya tidak tahu bahwa pusat gempanya di Aceh Tengah. Setelah kejadian tersebut, saya dengan beberapa teman langsung pergi untuk makan siang bareng. Sambil ketawa-ketawa dan ngobrol dengan asyiknya. Seolah-olah tidak ada gempa barusan. Saya juga tidak menghubungi keluarga. Saya berpikir bahwa gempa ini adalah gempa biasa saja. Gempa yang tidak merusak dan menimbulkan tsunami. Seolah-olah tidak peka lagi dengan gempa. Mungkin, karena beberapa hari sebelumnya juga ada gempa-gempa kecil.

image
Waktu terjadi gempa

Setelah makan siang, saya baru tahu melalaui media sosial bahwa daerah Takengon, Bener Meriah rusak berat. Dari fotonya saya lihat bener-bener parah. Banguna hancur. Sekolah bukan cuma roboh, tetapi hancur sehancur-hancurnya. Saya juga ikuti info-info twiter-nya @iloveaceh yang selalu update. Facebook juga banyak sekali berbagai info terbaru. Bener-bener tidak terbayangkan bisa hancur seperti itu.

image
Kondisi sekolah setelah digoyang gempa.

Kejadian seperti itu, bener-bener membuat saya ingin melakukan sesuatu walau saya bukanlah orang takengon. Yang membuat hati saya terasa dukanya adalah karena saya tahu daerah-daerah tersebut. Saya sudah pernah melakukan tugas KKN (kuliah kerja nyata) dari kampus, dulunya. Saya berada di sana sampai 40 hari. Penduduk di sana bener-bener sangat ramah sekali. Mereka sangat membantu sekali dalam berbagai program yang kami lakukan. Bahkan di waktu perpisahan sekolah SMU, saya dan teman-teman berliburan di sana untuk menikmati danau laut tawar, pemandian air panas, gua putri pukes, gua loyang koro, buah alvokad, strawbery, dinginnya alama, air terjun, kopi arabica asli yang sudah go international, dan banyak kengan lainnya.

image
Cafe Singgah Mata yang dulunya tempat melihat indahnya pemandanag danau Lut Tawar.

Saya mulai mencari banyak info lagi. Apalagi ketika di group reading club di facebook juga ada teman anak FLP (forum lingkar pena) yang posting tentang posko mereka. Saya menghubungi teman saya tersebut untuk tahu lebih banyak tentang bantuan yang mungkin bisa saya berikan. Saya juga searching di twitter. Melalui twitter @iloveaceh, saya terhubung dengan pemilik akun @IndieGem. Dia terus twit tentang Gayo karena sedang berada di sana. Banyak sekali foto yang dia upload di akun twitternya. Salah satu foto tersebut bener-bener membuat saya terkejut karena ada daerah tempat saya bermain dan jalan-jalan, rumahnya hancur semua.

image
Bangkitlah merah putih

Saya mempunyai beberapa pakaian dan selimut, tapi tidak tahu saya kasih kemana. Ada sebagian posko hanya menerima buku baca tulis dan perlatan shalat saja. Sebagian yang lain cuma menerima pakaian saja. Saya cari kembali infonya dengan bertanya sama @iloveaceh dan kemudian terhubung dengan posko #1000 selimut 4 gayo. Saya hubungi mereka untuk info lebih jelas.

Alhamdulilah, tadi sore bantuan ala kadarnya diterima oleh salah satu posko. Seneng rasanya. Saya berpikir, kenapa tidak kita membantu walau ala kadarnya. Pakaian layak pakai yang sudah lama tersimpan di lemari. Pakaian yang tidak muat lagi. Pakaian yang jarang dipakai. Selimut yang banyak sekali di kamar. Sajadah yang terlalu banyak di kamar. Begitu pula mukena yang terlalu banyak bahkan jarang dipakaipun. Walau satu kantong plastik bagi kita, tapi sangat berharga bagi mereka yang sedang dalam duka dan butuh bantuan kita.
image

Saya juga ingin berterima kasih buat teman-teman donatur dari luar Aceh. Dari jakarta dan pulau jawa, Medan dan sumatera, dan juga dari teman-teman luar negeri yang mendonasikan berbagai kebutuhan. Semoga semuanya terbalaskan oleh yang maha kuasa. Doa-doa semuanya terkabulkan. Harapan terwujud. Amin.

Sumber foto: twitternya @Indiegem

Leave a Reply

