2 Kali Diplagiat Oleh Plagiator Nakal

Kemarin adalah kedua kalinya postingan saya diplagiat. Saya sempat kesal sama si plagiat. Dia hanyalah seorang kenalan saja. Namun, entah kenapa dia copas dan ambil kutipan dari blog ini kemudian dia postingkan di facebook dia. Dia melakukannya tanpa izin dari saya.

Inilah yang mengambil dari postingan saya:

plagian amri azooka01

Saya barusan mencari postingan status dia, tapi tidak dapat lagi. Mungkin, dia sudah menghapusnya setelah saya tegur semalam.

Ini adalah postingan aslinya yang dia kutip:

Plagian amri azooka02

Seperti yang terlihat di gambar pertama, saya sudah menenggurnya. Tapi dia tidak ada komentar balasan lainnya mengenai itu. Setidaknya saya sudah menegurnya dulu.

Plagiat yang pertama juga dilakukan oleh orang sama. Waktu itu saya menulis sebuah status di facebook. Kemudian si plagiator ini men-like status saya. Beberapa menit kemudian, mencul status dia yang sama dengan saya. Saya sempat kesal juga waktu itu. Namun, saya pikir yaa sudahlah itu cuma status facebook. Rupanya semakin dibiarin, semakin pula menggerogoti Hak Cipta orang lain. Kali kedua inilah baru saya tegur. Semoga ia tidak mengulanginya.

Seperti apa yang di tulis mas Ryan di blognya, sebagai penulis baik itu blog, harus mengerti untuk selalu mencantumkan sumbernya. Sebenarnya walaupun ada tertera sumbernya, tetap juga masih bisa dituntut bila tidak ada izin tertulis. Apapun materinya. Apakah itu tulisan, gambar atau video. Namun, bagi saya, mau menulis sumber tulisan saja, itu sudah bisa saya maklumi. Apalagi mau berkomunikasi dengan saya dan minta izin tertulis. Itu lebih senang lagi. Bukan tidak memberikan izin, tapi penghargaan itu harus ada untul penulis.

Bagi teman-teman dekat saya, sering mereka minta izin. Saya berikan walau cuma dengan kalimat, “izin share ya? ” atau “saya reblog tulisan ini ya”. Itu saya sudah sangat senang khan. Artinya silahkan tulisan kita dipakai selama itu ada manfaat, asal minta izin dan cantumkan sumber.

Saya juga baca kasus salah seorang bloger yang follow postingan saya. Ia diambil gambar sketnya di facebook. Paling sakit hati adalah dihapusnya alamat blog dia yang tertera di gambar. Kalau saya yang mengalaminya juga sakit hati.

Bagi bloger sejati, selalu memperhatikan hal ini. Hormatilah sesama bloger. Selalu camtumkan sumber di mana anda mengambil materi tersebut. Seperti blog ini. Si pemilik blog belum saya kenal, tapi dia mau menyebutkan sumber postingannya yang merujuk ke blog homehay ini.

plagiat indodetik judul

Kemudian, si admin menyebutkan sumbernya di bawah tulisan:

plagiat indodetik sumber

Semoga tulisan ini mampu memberikan pemahaman bagi kita untuk saling menghargai. Hargailah hasil cipta orang lain. Karena kalau secara hukum bisa dituntut karena telah melanggar Undang-Undang Hak Cipta. Mari kita sama-sama saling menjaga dan saling belajar dari penglaman yang sudah-sudah.

20 thoughts on “2 Kali Diplagiat Oleh Plagiator Nakal”

  1. benar nih.
    seharusnya kita lebih menghargai hasil karya orang lain. mungkin gak ijin juga gpp tapi jangan mengakui hasil orang lain sebagai hasil sendiri. itu menyedihkan.
    Semoga yang plagiat tulisanmu sadar akan hal ini.

    makasih juga ya dah mention.

  2. Hehehe… nyebelin memang… Beberapa postinganku (5 kalo ngga salah) pernah di plagiatin oleh 1 blog…. Dan beberapa tulisan lain di blog lain. aku posting di blogTeman (rip) mp pun berdatagan ke sana, komen supaya sumbernya di bilin dan bikin link blog-ku di sana. Eh koment2 tersebut dihapus…

    Beberapa bulan berikutnya komen lagi di sana dan link-in blogku, eh diphapus lagi… temanku komen lagi…. eh dihapus lagiii…

    ya udahh… ga ada cara lain… lapor om gugel, itu postingan di delete ma om gugel…^^

      1. Ada caranya kok di gugel…. Ntar kalo mood tak coba bikin postingannya… hehehe. Tapi ntar aku coba cariin aja linknya yaahhh… kalo masih nemu kata kuncinya…^^

  3. semakin sering di copy paste semakin menarik tulisan kita, indikator tulisan seorang blogger semakin diperhitungkan, apa pun ceritanya meminta izin adalah hal yang baik sebagai langkah bijak buatlah satu halaman khusus di blog ‘disclaimer’ untuk tulisan🙂

  4. Prinsipku, asal bukan buat komersial, aku masih okay lah kalau tulisanku di-copy paste. Tapi kalau buat komersial, aku ambil tindakan. Liat komersial atau enggaknya, bagiku sepele sih. Kalau pake alamat blog gratisan kayak wordpress ini aku anggap non komersial. Tapi kalau situsnya udah pake alamat sendiri, misalnya .com, apalagi di situsnya ada iklan terpasang, itu udah termasuk komersial. hehe..

  5. untungnya selama ini yang pakai materi dari blog-ku disertai sumber….(Yang ketahuan)…tapi memang ini resiko jadi penulis blog….saya malah pernah menemukan lima tulisan sama persis dari blog yang berbeda….tapi melihat tanggalnya, kita jadi tahu mana yang pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s