Kenangan bersama surah Ar-rahman

Surah Ar-rahman yang asyik itu punya banyak kenangan. Salah satu yang berkesan dan sampai sekarang masih saya ingat adalah ketika mendekati naik sidang skripsi semasa kuliah.

image
Surah Ar-Rahman pada Majmu' Sayrief


Waktu itu, saya harus nyetor hafalan surat-surat al-quran pada saat ikut ujian komprehensif. Ujian komprehensif adalah ujian khusus yang harus lulus sebagai syarat daftar sidang di IAIN Ar-Raniry. 3 materi yang diuji, yaitu Metodologi Islam, Pendidikan, dan Hafalan Qur’an. Point ke-3 inilah yang serunya.

Ada beberapa surat khusus yang wajib saya hafal dan setor ke penguji. Waktu itu memang benar-benar sibuk dan menjadi orang super sibuk se-asia tenggara (pinjam kalimat azizah..hehe🙂 ). Saya harus edit-edit skripsi, harus baca banyak buku Metodologi Studi Islam untuk diuji juga. (Kalau ini saya harus ulang sekali lagi jumpa penguji, baru lewat), harus baca buku pendidikan lagi. Wah…. gila bener deh dengan segudang beban itu. Jadi, mana sempat hafal-hafal banyak surat al-qur’an itu. Sebagian saya coba hafal, namun sering tidak bisa fokus karena ada banyak hal lain juga yang harus dipikirin. Menghafal itu bagi saya butu ketenangan jiwa dan raga. Baru masuk hafalannya.

Alhamdulillah, Metodologi Islam dan Pendidikan bisa selesai dengan baik. Terutama pendidikan, walau saya harus nego-nego juga sama ketua jurusan TEN yang waktu itu ibu Chamisah. Hehehe🙂 Beliau kasih saya tugas hafal surat al’qu’an juga selain bikin rangkuman buku pendidikan. *makasih bu ya?🙂 doa saya selalu untuk bu chamisah🙂 * Nah, sekarang tinggal satu lagi ujian komprenensif (kami sering bilang kompren), yaitu setoran hafalan. Sementara waktu itu tinggal 2 hari lagi batas daftar sidang. Saya sama seorang teman, Fahmi, sepakat langsung jumpa ketua jurusan TPA (Tadris Pendidikan Agama). Ujian komren memang wewenag jurusan TPA.

Finally, kita memutuskan untuk segera menjumpai ketua jurusan TPA tersebut. Kami sudah berpikir, apa yang terjadi, terjadilah. Cari ke kantor jurusan, tidak ada. Cari mutar-mutar ke katin dan segala penjuru mata angin, juga tidak ada wujudnya. Ketika kami ke kantor jurusan TEN, barulah jumpa beliau di kantor fakultas. Kantor fakultas dan kantor jurusan kami dekat. Tapi kami harus menunggu beliau selesai ngomong di dalam kantor. Lama juga beliau ngomong. Akhirnya, beliau juga keluar dan langsung deh gaya sedikit “merampok”, kami menjegatnya dan bilang bahwa kami harus segera setor surah dan dapat nilai kompren. Beliau senyum dan kita duduk di kursi di samping jalan lalu-lalanh orang lewat itu.

Pertama giliran saya,

“Baca terus suratnya”, kata beliau.

Terkejut dan otak lansung berputar 180 derajat untuk ‘olah’. Hehehe🙂

“Pak, kalau boleh jujur. Sebenarnya surah-surah itu belum habis saya hafal, cuma salah satu yang sudah saya hafal adalah surah Ar-rahman” kata saya sambil menatap mata beliau dengan gaya mengiba ala Romi Rafael si master hipnotis. Hehehe🙂

“Tapi itu khan tidak masuk dalam list hafalan. Ngak apa-apalah. Coba baca terus, biar saya dengar” beliau berkata dengan senyuman tulus🙂

Saya langsung memulai bacaan. Belum sampai selesai semua saya baca, langsung beliau bilang stop dan sudah cukup. Segera menulis nilai B di form ujian kompren. Alhamdulilah. Thanks pak🙂 doa kami untukmu🙂
Artinya, saya sudah bisa segera daftar sidang.

Nah, giliran teman saya ini yang saya sayangkan. Fahmi tidak ada banyak yang dihafal. Jadi, dia disuruh menjumpainya lagi besok. Endingnya, fahmi juga bisa selesai urusan tersebut dan bisa ikut sidang juga sama-sama dan wisuda sama-sama juga waktu itu.

Bagi sebagian orang, mungkin biasa saja dengan pengalaman itu. Tapi, tidak bagi saya. Saya sangat bersyukur selalu dan terus berusaha menjaga hafalan. Sekarang saya terus mencar-cari untuk bisa dapat ijazah surah Ar-Rahman ini. Namun, semenjak saya bisa menghafalnya, belum saya dapatkan ijazahnya. Pinginnnn kali bisa dapat ijazah yang langsung dari ulama-ulama kharismatik Aceh.

Postingan saya tentang Ar-rahman ini yang sebelumnya ada di sini.

2 thoughts on “Kenangan bersama surah Ar-rahman”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s