Surah Al-Jin reminds my mom

image
Surah Al-Jin (wikipedi.org)

Surah Al-Jin ini kalau dalam al-qur’an hanya 2 lembar saja (kalau pakek qur’an pojok). Kalau mau menghafalnya sebenarnya sangatlah mudah. Karena tidak banyak lembarannya. Mungkin 1 minggu sudah bisa sempurna, insha allah.


Bagi saya, mendengar bacaan surah Al-Jin ini mengingatkan pada ummi. Bukan karena makna dari ayat tersebut, tapi karena ummi juga hafal ini surat. Jadi, kalau bacaannya salah, beliau tahu. Bahkan beliau juga memperhatikan bacaan surat Al-Jin yang dibacakan oleh Toha Al-Junayd dan ternyata ada bacaan yang salah. Namun, Toha Al-Junayd mengulang lagi ayat tersebut untuk memperbaikinya.

Coba dengar audio Toha Al-Junayd untuk Surat Al-Jin. Perhatikan pada ayat yang ke-6. Pada bacaan “insi ya ‘udhun”, ia membaca “insi ‘udun”. Namun, ia mengulang kembali untuk memperbaikinya. Hehehe🙂 Saya sering mendengarnya, tapi tidak pernah sampai segitunya memperhatikan kesalahan dia. Hehe🙂 Terkadang kami ketawa juga pas sampai pada bacaan ayat tersebut.

Menurut saya sih, yaa wajar saja kalau memang salah terkadang. Walau Toha Al-Junayd sudah terkenal sekalipun. Atlit bola voli terkenal saja sering juga melakukan service menyentuh net. Pemain bola terkenal sekalipun juga sering tidak bisa gol ketika adu finalti. Jadi, wajar saja. Walau sedikit lucu terkadang. Hehehe🙂

image
Muhammad Thaha Al Junaid (google)

Ngomong-ngomong Toha Al-Junayd, keren juga dia rupanya. Saya mencoba belajar meniru gaya suaranya, tapi belum bisa-bisa juga.🙂 Pingin sekali bacanya seperti dia. Enak dengar iramanya.

Pernah sekali waktu saya jadi makmum di salah satu mesjid di Banda Aceh. Waktu itu, imam baca salah satu surat dalam al-qur’an dengan gaya Toha Al-Junayd ini. Enak dengarnya. Walau surahnya panjang sekalipun, tapi tidak terasa lama karena gaya iramanya yang sangat enak didengar tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s