Karena nama adalah doa

Di Aceh, ada satu adat turun temurun yang dilakukan untuk bayi. Sering disebut “peucicap”. Ialah acara penamaan seorang anak yang baru lahir. Namun, biasanya sering dilakukan bersamaan acara hakikah.

image
It's me

Sebelum hari H, biasanya pihak keluarga berusaha dengan segala upaya dan ide untuk menamakan sang bayi. Ada yang meminta nama pada teungku (panggilan untuk ustad di Aceh), ada juga yang menggabungkan nama bapak dan ibunya, ada juga yang melihat kitab tajul muluk.
Begitu besarnya usaha orang tua untuk mendapatkan nama yang tepat. Bahkan ada juga orang tua yang sudah menyiapkan nama bayi sebelum, bayi tersebut lahir. Itulah saking penting dan berharganya nama. Makanya, terkadang orang akan marah bila dipanggil bukan nama sebenarnya, apalagi nama yang sudah dipelesetkan.

Banyak orang percaya bahwa nama adalah doa. Nama yang baik akan berarti doa yang baik. Setiap orang memanggilnya, maka orang tersebut berdoa untuk si empunya nama. Seperti nama Riski (rejeki), Rahmah (kasih sayang), Abdullah (hamba Allah), Abdan Syakura (hamba yang bersyukur) dan masih banyak lagi nama-nama lain yang punya arti yang bagus.

Nah, begitu pula dengan saya. Dengan harapan, doa dan cita-cita yang menggebu untuk terwujud, itu juga yang saya sandingkan pada nama. Saya tidak menghilangkan nama asli, tetapi cuma tambahan di akhir saja. Biasanya tambahan tersebur baru bisa didapatkah kalau sudah selesi mengahafal Qur’an sampai 30 juz. Karena cita-cita itulah saya menggunakan nama Rahmat Hidayat Al-Hafidz di facebook.

Bagi mereka yang percaya bahwa nama adalah doa juga, mereka sering meletakkan embek-embel harapan. Ada yang menggunakan ‘Rich’, ‘Sukes’, dan lain-lain. Itu adalah haka bagi setiap orang. Mereka bisa meletakkan sesuatu pada na,a sebagia doa dan harapan mereka agar terkabul. Hal yang wajar dan sangat normal.

3 thoughts on “Karena nama adalah doa”

  1. Bener nama adalah do’a akan tetapi nama saya gak ada artinya😀
    Orang tua saya dulu tak faham, namun beruntung saya dipanggil Hani jadi kesannya selalu penyayang (hueekkkksss ) ha ha ha

    Tapi, saya mengartikannya sendiri sih, Seseorang yang selalu manis dan penyayang, maksa ya? biarin deh…:D

    1. Tulisannya nickname nya berarti harus ‘honey’ … hehehe🙂 jdnya honey body sweety… ckckc🙂 baru tau kalau kamu dipanggil honey… hehe🙂 saya panggil juga deh kamu ‘honey’ ..🙂

      1. Ha ha ha…
        Iya,,,,karena saya jarang pajang nama asli.
        Pas kopdaran juga teman-teman suka bingung, Hani siapa??
        Pas bilang Pendar Bintang, langsung oala…..kamu to Pendar….yawes😀

Leave a Reply

