Cerdas memilih produk perbankan

Seperti yang pembaca ketahui sebelumnya di postingan lalu, tentang kehilangan buku bank BRI yang saya alami. Setelah berusaha keras tingkat dewa dalam mencari kembali, tetapi saya tetap tidak menemukannya. Akhirnya, saya memutuskan untuk segera mengurus surat kehilangan ke polsek terdekat.

image
Berbagai produk perbankan

Rupanya, prosesnya sangat mudah. Walau saya memiliki KTP bukan di tempat tersebut, namu mereka mempermudahkannya. Saya cuma memberika foto kopi KTP saja. Petugas yang membantu saya menyarankan saya untuk ia terangkan kehilangan buku bank tersebut di sekitar daerah tugas polsek tersebut. Jadi, lebih mudah katanya. Setelah semuanya selesai lebih kurang 15-20 menit, saya bertanya biaya administrasinya berapa. Ia mengatakan seikhlas mungkin. Bagi saya, kata “seikhlas mungkin” adalah 10.000 rupiah. Hehehe🙂 Alhamdulillah selesai juga.

Nah, sekarang baru ke Bank BRI. Di sana, petugas Bank megatakan harus ditutup rekening saya dan buka yang baru. Saldo yang ada di rekening awal dipindahkan ke rekening baru dengan dengan nomor rekening yang baru. It’s ok. No problemo. Saya harus mengisi 2 formulir. Formulir penutupan dan formulir pembukaan rekening.

Ketika saya mengisi formulir pembukaan, ada pilihan produk yang ditawarkan. Sebelunya akun rekening saya adalah jenis Tabungan BRItama. Potongan bulanannya adalah 10.000 rupiah. Saya bertanya pada petugas Bank terhadap pilihan lain yang potogannya lebih murah. Si petugas mencoba menghidari menjawab. Kemudian saya bertanya, “apa beda Britama dan Simpedes ?”. Baru ia menjawab bahwa Britama potongan bulanannya 10.000 dengan fasilitas lebih. Bisa transaksi pada setiap tempat yang berlogo master, dan lain-lain, juga mudah trasaksi di luar negeri. Kalo Sipedes, potongan bulanannya 5.000 rupiah. Namun tidak memiliki fasilitas yang sama. Saya berfikir, kenapa saya harus rela uang saya 10.000 rupiah sementara saya tidak pernah menikmati fasilitasnya karena tidak perlu. Finally, saya memilih produk Simpedes dan meninggalkan BRItama.

Terkadang pihak Bank sengaja menutup informasi-informasi yang penting bagi nasabahnya. Namun, kita juga harus pinter-pinter memilih dan bertanya lebih banyak, sehingga pilihan berbagai produk perbanka sesuai dengan kebutuhan kita.

8 thoughts on “Cerdas memilih produk perbankan”

  1. he.e.e. . Maf ni aq msh blum fham bang. . .kalau bedanya britama sama simpedes 2 gmana c bank. .and lw menrut abang enakan yg mana?

Leave a Reply

