Jangan terima uang!

image
Uang adalah uang bukan hadiah

Tadi pagi, saya menerima pemberian berbentuk sejumlah uang. Bagi saya,itu bukanlah hal biasa bila kondisinya adalah bukan upah kerja. Hal yang beginianlah yang sangat saya hindari. Saya tidak mau keprofesionalitas kerja bakalan terganggu oleh sebab menerima pemberian tersebut.


Ini bukanlah masalah su’udhan. Bukan pula tidak mau menerima. Siapa sih yang nggak mau terima hal yang begituan. Apa lagi dalam jumlah banyak. Hehehe🙂 Namun, saya tidak mau ada hal lain dibalik itu dimana suatu saat kitanya bakalan diinjak-injak atau dijadikan sapi yang dipegang talinya kemanapun kita pergi.

Bagi saya, kalau mau mengambil hati, yaa boleh-boleh saja. Tidak ada yang salah kok. Cuma kalau berbentuk uang, bagi saya agak keberatan menerima. Kecuali memang upah kerja. Upang kerja memang hak bagi pekerjanya. Bahkan pernah, saya sendiri memaksa orang yang menolak upah kerja untuk menerima upanyanya sendiri. Karena waktu itu, ia menolak dengan mengatakan “tidak usah, saya cuma membantu saja”. Sampai kemudian saya mengatakan, “itu hak kamu, saya nggak mau mengambil hak orang lain.” Akhirnya baru ia menerimanya.

Kalau boleh jujur, saya lebih menerima pemberian barang dari pada uang. Kecuali gaji. Kesannya itu beda. Rasanya itu beda banget.🙂 Barang kita pakai tersebut bakalan mengingak banyak hal. Kebaikan, kesetiaan, dan bahkan pelajaran hidup yang kita dapat dari si pemberi. Bener, lho!🙂 Makanya, saya selalu meminta pada Allah swt agar selalu diberikan kebaikan kepada mereka dan doa-doanya selalu terkabul. Amin. Itulah doa saya. Nah, beda khan kesannya pemberian barang, bukan uang. Jadi, saya lebih senang diambil hati melalui barang dari pada uang. Sebagai penerima, yaa pasti taulah mereka mengambil hati. Tapi kalau dengan uang, terasa dibeli, terasa harga diri rendah banget sampai bisa dibeli gitu.

Saya tidak tahu apa yang pembaca rasakan. Namun, inilah rasa saya. Mungkin juga ini bakalan berbeda pastinya dengan orang lain.

2 thoughts on “Jangan terima uang!”

    1. Finally, stelah sekian lama mengikuti blog ini, ini nih baru ada koment dari bu bos… hehe🙂

      It’s my opinion. Bila uang yg R terima adlah hasil jerih payah (salary), memang seharusnya R trima…🙂 tp klo bukan salary, misal hadiah atau apapun namanya, lebih enak terima barang dari pada uang, bu bos ..🙂 It’s to my mind sih..🙂

Leave a Reply

