OCD vs Puasa Daud

image
Penimbang berat badan (pinjam dari mbah gugel sebentar)

Pernahkah anda dengar OCD? Yang pastinya OCD itu bukan jenis penyakit kejiwaan itu. Hehe🙂 Ini adalah program diet yang dikampanyekan oleh Dedi Corbuzier, pensunlap dan presenter. Singkatan dari Obsessive Corbuzier Diet atau sering orang bilang dengan sebutan OCD.
Akhir-akhir ini, diet yang katanya ala sholin alias OCD itu sudah merambah juga ke beberapa teman saya. Mereka menjalani program tersebut dengan antusias. Terkadang ketika duduk jajan bersama, mereka tidak pesan makanan, tapi minuman saja. Aturan OCD ini adalah adanya waktu yang bisa makan apa saja tanpa pantangan apapun. Dan jangan ditahan-tahan makannya berdasakan waktu yang ditentukan dan ada waktunya mereka tidak boleh makan, cuma minum saja.

Memang OCD ini masih dalam perdebatan juga antara para pakar kesehatan. Ada yang bilang bahwa hal tersebut dapat mengganggu kesehatan dan diet juga tidak akan berhasil karena tidak ada takaran makan ketika waktu makan. Namun banyak juga yang berhasil.

Nah, semetara itu, tulisan ini juga tidak ada maksud saya untuk menambah perdebatan tersebut. Saya cuma memberikan solusi lain bagi teman-teman yang malas atau meragukan atau bahkan tidak nyaman menjalani program OCD. Jujur, saya tidak pernah melakukan OCD, jadi saya tidak bisa mendebatkan hal tersebut.

Sebenarnya ada hal yang lebih indah bisa dilakukan kalau mau. Yaitu puasa. Ini juga bisa dilakukan pula oleh orang yang non muslim. Bagi yang muslim puasa sunat ini disebut puasa daud. Satu hari puasa dan satu hari tidak puasa. Dengan kata lain, puasa yang dilakukan selang-seling kecuali pas kena hari tasyrik (hari haram puasa) seperti kemarin pas idul adha.

Nah, sama saja khan? Pada OCD, ada waktu khusus selama sekian jam boleh makan, setelah itu puasa sekian jam juga. Sementara puasa, juga sama khan? Siang anda puasa, dan magrib buka dech.🙂 sama khan? Bahkan anda juga dapat pahala lagi, selain kelebihan lainnya yang begitu banyak.

Ini nih dalil anjuran puasa daud dari Nabi Muhammad
SAW
ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺁﺩﻡ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺷﻌﺒﺔ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺣﺒﻴﺐ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺛﺎﺑﺖ ﻗﺎﻝ ﺳﻤﻌﺖ
ﺃﺑﺎ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﺍﻟﻤﻜﻲ ﻭﻛﺎﻥ ﺷﺎﻋﺮﺍ ﻭﻛﺎﻥ ﻻ ﻳﺘﻬﻢ ﻓﻲ ﺣﺪﻳﺜﻪ ﻗﺎﻝ
ﺳﻤﻌﺖ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ ﺍﻟﻌﺎﺹ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ
ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇﻧﻚ ﻟﺘﺼﻮﻡ ﺍﻟﺪﻫﺮ ﻭﺗﻘﻮﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ
ﻓﻘﻠﺖ ﻧﻌﻢ ﻗﺎﻝ ﺇﻧﻚ ﺇﺫﺍ ﻓﻌﻠﺖ ﺫﻟﻚ ﻫﺠﻤﺖ ﻟﻪ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﻭﻧﻔﻬﺖ ﻟﻪ
ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻻ ﺻﺎﻡ ﻣﻦ ﺻﺎﻡ ﺍﻟﺪﻫﺮ ﺻﻮﻡ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﺻﻮﻡ ﺍﻟﺪﻫﺮ ﻛﻠﻪ
ﻗﻠﺖ ﻓﺈﻧﻲ ﺃﻃﻴﻖ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻗﺎﻝ ﻓﺼﻢ ﺻﻮﻣﺪﺍﻭﺩ ﻋﻠﻴﻪ
ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻛﺎﻥ ﻳﺼﻮﻡ ﻳﻮﻣﺎ ﻭﻳﻔﻄﺮ ﻳﻮﻣﺎ ﻭﻻ ﻳﻔﺮ ﺇﺫﺍ ﻻﻗﻰ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺰﻳﻦ ﺑﻦ ﺍﻟﻤﻨﻴﺮ : ﺃﻓﺮﺩ ﺗﺮﺟﻤﺔ ﺻﻮﻡ ﻳﻮﻡ ﻭﺇﻓﻄﺎﺭ ﻳﻮﻡ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ
ﻟﻠﺘﻨﺒﻴﻪ ﻋﻠﻰ ﺃﻓﻀﻠﻴﺘﻪ ، ﻭﺃﻓﺮﺩ ﺻﻴﺎﻡ ﺩﺍﻭﺩ – ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ –
ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ﻟﻺﺷﺎﺭﺓ ﺇﻟﻰ ﺍﻻﻗﺘﺪﺍﺀ ﺑﻪ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ .
Dari Adam dari Sya’bah dari Habib Bin Abi Tsabit “aku
mendegar dari Abdullah bin ‘Amr bin al ‘Ash
berkata,”Aku memberitahu Rasulullah saw bahwa aku
mengatakan,’Demi Allah aku akan puasa sepanjang
siang dan sholat sepanjang malam seumur hidupku.’
Maka Rasulullah saw berkata kepadanya,’Apakah kamu
yang mengatakan,’Demi Allah aku akan berpuasa
sepanjang siang dan sholat sepanjang malam seumur
hidupku.’ Aku mengatakan,’Sungguh aku yang
mengatakannya.’ Beliau bersabda,’Sesungguhnya
engkau tidak akan sanggup untuk itu maka berpuasalah
dan berbukalah, sholat malamlah dan tidurlah.
Berpuasalah tiga hari dalam sebulan maka
sesungguhnya suatu kebaikan dibalas dengan sepuluh
kali lipat yang sepertinya dan hal itu seperti berpuasa
sepanjang masa.’ Aku mengatakan,’Sesungguhnya aku
sanggup melakukan yang lebih dari itu wahai
Rasulullah.’ Beliau saw bersabda,’Berpuasalah sehari
dan berbukalah dua hari.’ Aku
mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan
yang lebih dari itu.’ Beliau bersabda,’Berpuasalah sehari
dan berbukalah sehari. Ini adalah puasa Daud dan ini
puasa yang paling baik.’ Aku
mengatakan,’Sesungguhnya aku sanggup melakukan
yang lebih dari itu wahai Rasulullah.’ Beliau
bersabda,’Tidak ada yang lebih utama darinya.” (HR.
Bukhori hadits no 1878)

Nah, sementara yang diharamkan adalah puasa setiap hari. Itu jelas-jelas haram. Sementara puasa daud adalah puasa sehari dan berbuka sehari. Selang- seling.

Selain itu ada fahilah lain lagi. Dan ini yang saya suka. Bahwa doa orang yang berpuasa lebih mudah terkabul. Doa yang makbul adalah harapan setiap orang. Anda ingin sukses dalam dagang, usaha, pekerjaan, karir, belajar, jodoh, beasiswa ke luar negeri, jabatan tinggi, naik haji, kekayaan, kesembuhan, ketenangan, keselamatan, kemudahan hafalan qur’an, kemudahan dalam pergaulan, dijauhkan dari mara bahaya dan banyak lagi harapan lain. Maka, manfaatkanlah puasa daud ini.

Lafadh niatnya adalah:
“Nawaitu sauma dauda sunnatan lillahi ta’ala”
(Sengaja aku berpuasa daud sunan karena Allahu ta’ala)

Maaf, saya tidak bisa mengetik bahasa arab karena di keyboar ini tidak tersedia menu arabic keyboard.

Ketika anda sudah menjalaninya selama seminggu, biasanya itu bakalan enteng saja. Ada saja hal-hal yang luar biasa bakalan dirasakan insha allah. Tetap niat ikhlas karena Allah swt.🙂

Nantinya anda sudah merasakan tidak enak lagi terlalu banyak makan masuk ke perut. Karena anda sudah biasa dengan perut yang tidak terisi. Sehingga ini juga membantu anda untuk diet dengan ibadah lagi. Hehe🙂 Ketika berbukapun, anda juga bakalan terbiasa makan apa adanya saja. Paling di minggu pertama saja terlihat seperti ingin balas dedam. Hehehe🙂 pingin makan segalanya. Namun, setela terbiasa, maka tidak lagi seperti itu.

Lebih baik lagi anda makan buah-buahan sebagai makan sahur, kalau anda sanggup. Sudah pasti kulit juga bakalan kinclong. Hehe🙂 Makan nasi cuma waktu berbuka saja. Tapi, ini harus dicoba perlahan dulu.🙂

Banyak lho, orang yang sudah melakukannya. Anda busa searching di gugel.🙂

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

*sebelum anda mengamalkannya, sebaiknya konsultasilah dengan ulama/ustad/teungku yang memahami ilmu fiqih dengan baik.

8 thoughts on “OCD vs Puasa Daud”

    1. Iya, arip.. semuanya butuh latihan… jangan dipaksaain dulu… klo udah lancar yang kecil-kecil dulu kayak puasa senin-kamis, entar bisa coba shaum daud… :-)bisa dibantu dengan alarm… kalo nggak bakalan lupa tuh.. hehe😀

      Sebenarnya kalau puasa daud lebih muda lagi mengingatnya. Misal puasa setiap tanggal ganjil atau tanggal genap saja…😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s