Metode dan trik mudah menghafal Al-qur’an untuk yang sibuk

image
Surah Ar-Rahman pada yasin majmu' syarief

Judul ini sebenarnya sudah lama sekali ingin saya tulis. Cuma terkadang berpikir belum berani dan PD karena hafalan saya masih sangat kurang sekali. Namun, kali ini, saya memutuskan memberanikan diri untuk sharing kepada pengunjung blog ini berdasarkan apa yang telah saya tahu dan praktikkan selama ini.

Sebelum kita ngomongin tip dan triknya dalam menghafal Al-qur’an, saya sharing hal yang paling utama dulu yang harus dimiliki. Mindsetnya dulu yang harus diperbaiki, yaitu:

1. Niat.
Niat tetap karena Allah swt. Bukan karena pingin dianggap hebat oleh manusia, memenangi kompetisi dan sebagainya. Tapi lakukanlah karena Allah swt.

2. Dream (impian)
Anda harus punya satu impian yang memotivasi anda untuk menghafal. Impian tersebut harus jelas dan kuat. Misal anda menghafal surah Ar-rahman karena surah itu adalah mahar calon istri anda ketika menikah nantinya.๐Ÿ™‚ buleh-buleh saja dong. Karena banyak kejadian seperti itu. Selain itu, bisa saja anda ingin selesai kuliah karena syarat naik sidang di kampus harus sudah hafal sekian juz. Ada juga yang ngafal qur’an itu karena sayang sama orang tua dan ingin berbakti dengan menolong orang tuanya kelak di akhirat. Berdasarkan berpegang pada salah satu hadis rasul bahwa penghafal al-qur’an itu akan memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya di akhirat. Jadi, anda harus temukan dulu alasan kuatnya apa. Bukan karena melihat teman anda sudah jadi hafiz sehingga anda juga kepingin. Atau diajak oleh teman.

Buleh-buleh saja karena alasan diajak teman atau lainnya itu. Namun, tetap juga anda harus temukan alasan sendiri lebih kuat lagi. Kalau alasan anda tidak kuat, maka anda hanya rajin-rajinnya diawal saja. Belum sampai satu juz, anda sudah bosan dan mundur. Makanya, dibutuhkan dream yang benar-benar kuat.

3. Target.
Ini hal yang sangat penting juga. Anda harus memasang target. Misal, “sebelum umur 30 tahun, saya sudah hafal 30 juz”, “sebelum umur 40 tahun, saya sudah hafal semuanya”. “Diakhir tahun ini, saya sudah selesai 10 juz”, misalnya. Dengan adanya target inilah, anda itu menjadi kuat dan terus berpacu dengan tantangan deadline yang sudah anda ditetapkan.

4. Mudah
Hal yang harus diingat adalah menghafal al-qur’an itu mudah. Allah swt yang jamin. Bukan saya. Allah swt berfirman bahwa telah dimudahkan al-qur’an bagi manusia. Jad, kalau jaminan sudah ada dan Allah yang jamin, apakah anda belum percaya?๐Ÿ™‚

5. Pengorbanan
Pertama adalah pengorbanam waktu. Artinya seberapapun anda sibuk, sampai 24 jam sibuk sekali, tetap selalu anda jadwalkan waktu minimal sekali 15-20 menit sehari. Saya sarankan pagi hari setelah subuh dimana keadaan masih fresh dan tidak ada gangguan urusan lain. Atau setelah shalat ashar. Bisa juga 15 menit sebelum tidur (petunjuknya ada di paragraf selanjutnya nanti). Kedua adalah pengorbanan energy. Maksudnya, seberapapun capeknya anda, maka selalu usahakan untuk ,menyimpan energy untuk menghafal. Jangan buang energi dengan sia-sia.

Kalau anda sudah punya ke-5 hal di atas insha allah sudah aman untuk mulai menghafal.๐Ÿ™‚ Bila anda masih belum lengkap ke-5 tersebut, usahakan temukan itu semua dulu. Niat anda apa? Dream anda apa? Targetnya apa? Bagaimana anda set waktu dengan baik? Kalau semuanynya sudah oke, baru deh kita mulai tekniknya gimana.

Teknik atau metode menghafal itu banyak sekali. Seperti metode Hanifida, D’one, Talaqqi, Tasmi’ dan Tardid. Dari banyak metode itu, saya bakalan share teknik/metode yang saya kemas sendiri dari sumber berbagai metode itu. Siapa tau cocok juga bagi anda.๐Ÿ™‚

Berikut adalah cara yang saya lakukan:
1. Gunakan satu mushaf. Tidak boleh berganti-ganti. Saran saya gunakanlah qur’an pojok. Yaitu qur’an yang setiap halamannya tidak ada ayat yang bersambung ke halaman selanjutnya. Setiap halaman selesai semua ayat tanpa harus sambung ke halaman berikutnya. Selain itu, penulisannya yang bagus, menarik dan mudah dibaca oleh mata anda. Boleh menggunakan qur’an ukuran besar, sedang, atau kecil ukuran kantong. Terserah anda cocoknya gimana.

Kalau saya, saya menggunakan qur’an khusus hafalan yang diterbitkan oleh Almahira. Qur’an khusus hafalan ini memang sudah didisain sedemikian rupa khusus untuk menghafal. Banyak santri-santri yang menggunakan qur’an ini. Bila anda tertarik, bisa didapatkan di toko-toko buku/kitab. Minta saja sama mereka qur’an hafalan. Mereka sudah tau itu. Seperti terlihat di gambar.

image
Mushaf yang saya gunakan khusus untuk hafalan.

Qur’an ini, alhamdulillah sangat membantu sekali bagi saya dalam menghafal. Beda dengan qur’an biasa. Dalam qur’an ini, setiap halaman, tepat di bagian pinggirnya dikasih permulaan kata awal pada setiap ayat. Ini membantu untu mengingat urutan ayat yang dihafal. Dibantu lagi dengan penutup ayat yang bisa diletakkan ditengah halaman. Ini membantu saya dalam melakulan muraja’ah (pengulangan hafalan).

2. Baca ayat yang mau dihafal 20 kali sebelum tidur. Hanya 15 menit lebih kurang. Jangan dihafal, tapi DIBACA saja. Dilihat dengan mata fokus pada posisi setiap huruf sambil dibaca. Sekali lagi, jangan dihafal tapi DIBACA. Sabar dulu ya? Hehehe๐Ÿ™‚ Kalau saya, untuk memudahkannya, saya menempel kopian lembaran ayat yang ingin dihafal pada dinding di samping tempat tidur.

image
Salah satu kopian halaman al-qur'an yang tertempel di dinding kamar saya.

3. Hafal setelah subuh. Keesokan harinya, setelah anda shalat subuh, anda kembali membaca ayat yang semalam sebanyak 20 kali. Kemudian baru anda baca dengan cara tutup buka al-qur’an 20 kali. Kemudian anda mandi dan lanjutin aktivitasnya.

4. Ulangi bacaan mulai anda berangkat. Mulai dari anda keluar rumah, baca berulang ulang baca yang dihafal tadi. Sambil anda jalan, mengemudi, atau ketika memang anda tidak berbicara dengan orang. Manfaatkan waktu sekecil apapun mulai dari pagi anda berangkat kerja sampai pulang.

image
Lembaran yang saya foto. Di pinggir halaman ada ditulis bacaan awal setiap ayat yang memudahkan dalam muraja'ah. Ini khusus mushaf yang saya gunakan, Qur'an Hafalan.

Nah, untuk bagian ini, biar mudah, saya memanfaatkan teknologi. Saya memfoto lembaran yang ingin dihafal melalui gadget seperti tablet. Dimanpun dan kapanpun lupa bacaan, bisa mengecek lagi.

4. Baca waktu shalat sunat. Baca ayat yang dihafal hari itu pada setiap shalat sunat. Seperti sunat dhuha dan rawatib. Anggap saja anda sedang setoran ayat pada Allah swt.

5. Berhenti menambah hafalan selama 2 hari pada setiap minggu. Dari tujuh hari dalam satu pekan tersebut, sisakan 2 hari untuk muraja’ah (mengulang). Kalau saya memilih hari sabtu dan minggu. Hari sabtu muraja’ah semua hafalan yang dihafal dari hari senin sampai jum’at pekan tersebut. Dimuraja’ah 20 kali dalam sepanjang hari tersebut. Saya biasa lebih. Kalau sudah sampai 20 terkadang tidak menghitung lagi. Langsung saja muraja’ah. Tidak boleh kurang 20 kali. biasanya menghitung cicilan hafalan pelan-pelan saja. Misal setelah subuh 2 kali, dalam perjalanan mungkin bisa dapat 2 kali. Sambilan tunggu hujan reda bisa dapat 10 kali dan seterusnya sampai terakumulasi 20 kali.

Nah, di hari minggu. Muraja’ah semua hafalan mulai dari halaman pertama sampai halaman terakhir yang sudah dihafal. Misal sudah dihafal sampai halaman 7. Jadi, dimuraja’ahnya dimulai dari halaman 1 sampai 7 sampai 20 kali juga sepanjang hari minggu. Pokoknya sebelum tidur malamnya, sudah sampai angka 20.

6. Manfaatkan hari libur. Di hari biasa dengan penuh kesibukan, mungkin hanya mampu menghafal 1 ayat (metode D’one: one day one ayah). Namun, di hari libur, banyak sekali waktu kosong, maka manfaatkanlah itu dan biasanya mampu lebih dari satu ayat. Bisa setengah halaman, atau bahkan 2 halaman bisa dihafal.

7. Dengarlah audio murattal. Bagi anda yang bertipe audio lerner, hal ini sangat membantu. Pilih salah satu model qari/hafidz madinah or mekkah yang anda sukai dan mudah anda tiru. Pasangkan di gadget sperti HP, MP3 player, Ipod, dan lain-lainnya. Seringlah dengar dengan cara diulang-ulang menggunakan menu repeat. Boleh pula anda potong per ayat dengan menggunakan softwate semacam adobe audion dan lainnya.

8. Menulislah. Ini cocok sekali bagi anda yang bertipe Kinestetik learner. Sebelum dihafal, anda tulis dulu ayatnya sampai 20 baris sambil anda baca. Dengan sendirinya anda telah menghafal.

9. Cari partner atau pembimbing. Ini penting untuk menyimak bacaan yang sudah anda hafal. Bagi pasangan suami istri bisa saling menyimak ketika muraja’ah. Namun, bagi yang masih single, bisa minta tolong sama sahabat karib sebentar untuk menyimak hafalan anda. Bila ada kesalahanpun, segera bisa kita tandai pada mushaf.

Nah, kalau saya, saya punya teman sendiri untuk saling menyimak bacaan. Kita biasanya jumpa dengan jadwal yang sudah ditentukan, seminggu 3 kali. Jumpanya paling 20-30 menit saja sudah cukup. Surah yang dibaca pasti beda-beda dan saling menyimak nantinya. BILA ANDA ADA DI SEKITAR KOTA BANDA ACEH DAN SEKITARNYA, saya sangat senang sekali kalau mau ikut bareng bersama club tahfiz yang sudah kita bentuk itu. Anda bisa menghubungi saya via facebook. Silahkan di add.๐Ÿ™‚ Url nya adalah http://www.facebook.com/rahmattrans atau klik langsung pada lencana yang ada pada blog ini.

10. Tempel di dinding. Saya biasanya menempel juga kopian halaman surah yang ingin saya hafal di dinding samping tempat tidur. Ini sangat membantu ketika sebelum tidur membaca sampai 20 kali dengan melihat langsung.

11. Pahami arti ayatnya. Sebelum mulai menghafal, sangat membantu sekali kalau anda membaca terjemahannya sehingga kita anda mampu mengikuti kronologi spererti kisah, sejarah dan lainnya secara berurut. Karena untuk memudahkannya, ada banyak juga para hafidz menggunakan qur’an syamil. Qur’an ini adalah qur’an pojok juga yang menyediakan arti per ayat. Ini memudah menerjemahkan arti seperti pada metode granada. Alvin, juri acara hafidz indonesia juga menggunakan mushaf jenis ini.

image
Alvin si Hafidz cilik. Juri acara Hafidz Indonesia. Hafidz 17 juz. (Sumber fey777.com)

Namun, saya hanya tetap menggunakan mushaf Qur’an Hafalan Almahira. Ini lebih nyaman bagi saya karena memang dirancang untuk menghafal. Sementara untuk arti, saya bisa melihatnya pada software qur’an di gadget.

Itulah diantara tips yang bisa anda praktekkan. Itu semuanya berdasarkan pengalaman sendiri. Anda juga bisa melihat postingan lain tentang pengalaman-pengalam saya berinteraksi dengan al-qur’an da sejenisnya pada kategori “amalan”.

Semoga bermanfaat.
Wallahu ‘alam.

48 thoughts on “Metode dan trik mudah menghafal Al-qur’an untuk yang sibuk”

  1. Allahumma Haffidznaa Kullal Qur’an..
    Semoga Istiqomah, kesabaran dan barokah dari Allah tak henti-hentinya mengucur pada hambanya yang mau menjaga kalamNya Lafdhan Wa Ma’nan..

  2. Aslm mksh saranny…yg jd sulit untuk saya mungkin dream yg padam …. jd msh sulit untuk meneruskan hafalan…apalagi …blum pny ksmptn untk bertmu dg guru yg bs mngjri…(setoran dll.)sdangkn tak terasa d mkn usia. .blom lg faktor lain…sedih kalau g sei2…

  3. alhamdulillaah… syukron ilmu, pencerahan n penyemangat dari Antum. Smoga Alloh mudahkan yg pernah terbesit di hati tuk mghafal Al Qur’an serius, melazimi n tdk padam smangatx. Jazakumulloohu khoiiron

  4. Assalamu’alaikum.. Ustdz.. Saya pengen sekali bisa hafal qur’an.. Apakah setelah hafsl qur’an ada pantangan lain agar hafalan tidak mudah hilang?

    1. Alaikumssalam … kalau sudah hafal tinggal dimurajaah (diulang) selalu. Sediakan selalu waktu untuk muraja’ah semua hafalan yang udah terhafal. Itu saja yang harus dilakukan setahu saya. Pantangan lain nggak ada. Biasakan juga selalu ikuti sunnah rasul seperti menjaga wudhu’, mengerjakan pekerjaan2 sunat, kurangi maksiaat pelan2, istighfar selalu, dan hal2 sunnah lainnya. Pantangan-pantangan aneh2 lainya gak ada tuh… hehe๐Ÿ˜€

  5. Assalamualaikum Teh, Saya izin copy paste yah, in shaa Allah buat selalu jd panduan.Semoga Allah membalas kebaikan Teteh.Trmksh.Wslm

  6. Ya allah. .
    Trmksh atas informasi ini. .jujur saya trkadang prustasi ktika sulit skali menghafal qur’an. .namu anda tlah membrikan tips ini trmksh , .

  7. Barakallahu, semoga diberikan keistiqamahan. Sehari baca 20x aja berasa berat banget selama ini
    Terxta ada yg baca sampai 100x dlm sehari

  8. umur saya sudah cukup tua., 45 tahun. tapi terbesit pingin hafalin quran. dan sudah saya mulai dg berhasil hafal yasin walau dg susah payah dan butuh waktu 3 bulan. maklum umur segitu sudah gampang banget lupa. yg ingin saya tanyakan, apakah sebaiknya mulai melanjutkan menghafal urut dari juzz 1, 2, 3, dst ? atau gimana tentang urutannya ?

  9. Yang susah itu kontinyu ya mas, apalagi kalo udah ngapal 1 ayat misal, hari ini mau lanjut ayat kedua tapi yang kemaren udah lupa lagi,, jadi agak badmood buat ngapal ayat lanjutannya. doakan mas semoga bisa konsisten ngapal quran.

    1. Amin…๐Ÿ˜€ insha allah gampang, mbak nantinya..๐Ÿ˜€ stiap atlit lari yang larinya sampai 1000 meterpun selalu dimulai dengan satu langkah pertama. Sama pula kita menghafal, pasti awalnya dulu harus kita lewati. Dan percayalah, atau buleh juga tanya sama teman2 penghafal lainnnya, bila otak sudah biasa terlatih menghafal, maka insha allah kedepannya kita udah cepat hafalnya..๐Ÿ˜€ tetap semangat, sis… chayoo.. chayooo.. hehe๐Ÿ˜€

  10. Subhanallah … sy merasa surprise menemukan info ini … Terimakasih sharenya … Sy sudah 60 th … sehari2 ikutan setoran baca AQ di dua group … Terbersit keinginan sebelum meninggal pengin hafal AQ … Namun melihat kebiasaan yg Mas anjurkan rasanya berat … terbiasa jalankan sunnah Rasul, jauhi maksiat … meski beberapa sunnah Rasul sy sudah coba biasakan sehari-hari …
    Selama ini mindset sy lebih pengin tahu arti , makna, hakikat, asbabun nuzulnya, dg maksud agar lebih tepat memanfaatkan ayat AQ utk hadapi kehidupan … dan sekaligus cari bekal stlh dipanggilNya …
    Mohon saran … apakah masih mungkin keinginan sy utk hafal AQ sebelum meninggal itu bisa terealisir … bagaimana caranya …
    Semoga Mas bisa sabar dan berkenan utk merespon pertanyaan sy ….

    1. Al Quran adalah kitab suci kita, Mas. Jd klo bisa kitanya jgn tanggung2 dan membatasi diri dlm memprlajari Al-Quran. Apapun hrs dilakukan dengn Al quran. Membaca arti, asbabul nuzul, memahami ayat, tafsir dan segala macamnya termasuk menghafal. Dan menghafal pun juga tidak ada istilah berhentinya, Pak.. Setelah hafal pun, selalu kita perbaiki lagi dimana ayat2 lupa, dan selalu seperti itu. Murajaah lagi. baca lagi. Selalu kontak dengan Al-quran. Pahami lagi artinya, baca lagi, hafal lagi. Dan seterusnya dan seterusnya. Urusan bisa atau tidaknya bukan urusan kita, pak… serahkan saja sama Allah swt dan minta petunjuknya selalu. Tugas kita adalah hafal, hafal, hafal, ulang hafalan, hafal lagi, pelajari lagi, baca lagi. begitu seterusnya, Pak.. isha allah bisa dan dimudahkan… ada lho, bahka bnyak juga yang baru menghafal quran ketika pensiun mungkn dulu karna kesibukan kantor.. dan bnyak juga yg berhasil, Pak..๐Ÿ˜€ Sekarang mulai lah menghafal sikit2 pak.. mulai dari ayat2 atau surat yang disukai dulu… misal arrahman, yasin, juz amma, nanti baru masuk al-baqarah dll.. pilih2 aja juga bisa kok.. hehe๐Ÿ˜€ smg brmanfaat pak๐Ÿ˜€

  11. Assalam..
    sy ingin tanya..
    u yg bekerja berapa lama bisa selesai hafalan qurannya?
    Bgmn caranya spy hafalan lama tdk hilang, krn waktu u murojaah jg trbatas krn bkrj
    apkh ikut dauroh hafalan quran 2 bulan sprti yg marak akhir2 ini ckup efektif? Krn hanya menghafal sj tp tdk lengket? Apkh berdosa jk blum lengket dn mengutamakan selesai dlu setoranny?
    sy agak psimis sblumnya, brpikir hafal quran bg pkerja hanya mimpi, mgkin ada sarannya
    trimakasih ustad

    1. Alaikumslm.. Pak๐Ÿ˜€ Yang penting adlah kita terus dekat dengan Al-quran. Jangan pernah putus, walau sibuk n tdk smpat hafal, yaa baca-baca saja. Karena yang penting meresapi pelan itu tuh yang lengket biasanya. Untuk program2 yg akhir ini adalah biasanya hanya tambah hafalan baru saja. jd, tdk ada murajaah. Kita sendiri yg hrs murajah stlah slesai program2 smacam 1 bulan itu. Saya juga pernah ikut program semacam ini. Bisa dan alhamdulilah sangat membantu dalam proses menghafal. Buleh deh diikuti, pak. Tapi, kalau untuk lengket, pas selesai program jgn brhenti, tetapi hrs murajaah semua hafalan itu di rumah sndiri atau brsama partner kalau ada. kalau tdk bakalan hilang hafalannya. Saya sendiri smpai srkng alhmdlah masih trus murjaah..krn menghfal qur’an itu bukan hnya mnyelesaikan hafaln dan trus gk baca lagi. Setiap hari harus murajaah dan sempatkan waktu. Kalau tdk, itu hafalan bisa lupa lagi.. hehehe๐Ÿ˜€ Mualai lah menghfal, pak…. dan lihatlah kemudahan yang Allah berikan walaupun kita sibuk sekali.. Insha allah bisa trus dan mudah terus, umur berkah, dan waktu terutama berkah juga… Amin..๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s