Menulislah di blog, bukan facebook!

image
I'm a facebook user, too.

Saya memiliki salah seorang kenalan baik. Ia punya ide yang banyak, kemampuannya menganalisa sesuatu sangat baik sekali, bahkan ia juga seorang bookacholic, mau belajar hal-hal baru. Salah satu sisi positif yang patut saya acungkan jempol adalah ia juga mau menulis. Apapun opininya, apapun analisanya, apapun pengetahuannya dan apapun pengalamannya.

Karena menulis adalah memberitahukan akan sejarah, akan ilmu yang dimiliki, dan bahkan menjadi amal. Namun, apa jadinya bila tulisan hanya sekedar tulisan tanpa tersimpan rapi. Niat ingin membagikan ilmu ke orang lain, tetapi sayang kalau bisa terbuang.

Sosial media, seperti facebook adalah tempat update status. Yang namanya status itu tidak panjang sampai satu halaman folio. Status paling maksimalpun tidak sampai 50 kata. Kelemahan lain adalah semua tulisan tersebut akan turun kebawah dan semakin jauh, sehingga butuh waktu untuk mencarinya suatu hari nanti. Sangat disayangkan sekali bila tulisan-tulisan tersebut hilang ataupun susah dicari kembali.

image
Buku pertama saya ketika belajar membuat blog dari nol.

Saya pernah menyarankan ke teman saya yang satu itu. Lebih baik ia bikin blog. Yang gratispun juga tidak apa-apa. Yang penting tulisannya tersebut tersimpan dengan rapi. Selain itu, ia juga tetap bisa menshare link tulisannya melalui facebook atau media sosial sejenis. Ini juga membantu orang lain dalam mencari tulisan tersebut. Di blog, seperti blog ini, ada kategori dari setiap tulisan (lihat sebelah kanan). Jadi, orang juga mudah mau baca kategori apa. Selaij itu, bagi orang yang mencari tulisan yang berhubungan dengan tulisan kita, maka melalui google, mereka dengan mudah menemukan tulisan tersebut.

Walau demikian, saya juga tetap menggunakan facebook, juga twitter. Melalui media sosial, juga sangat membantu menshare link tulisan. Jadi, jangan tinggalin juga media sosial karena kita juga homo soscial. Selain itu karena dengan media sosial juga kita bisa menshare tulisan tersebut.

Bagi yang belum punya blog, coba pertimbangkan kembali untuk memiliki blog🙂

7 thoughts on “Menulislah di blog, bukan facebook!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s