Ketika Prof. Darni Daud tidak hadir di kelas

image
Photo sebelum ditahan oleh KPK

Setiap hal, selalu saja ada sisi lain yang masih gelap. Begitu pula hal lain yang terjadi di saat ditahannya sang Professor. Sebagai salah seorang dari mahasiswa pasca sarjana Universitas Syiah Kuala, saya melihat dan merasakan langsung apa yang terjadi di saat pak prof tidak bisa mengajar karena harus menjalani proses hukum ini.
Di minggu pertama beliau di tahan oleh kejaksaan, maka kelas saya yang seharusnya beliau mengajar, kosong tanpa wujud sang guru. Sebenarnya ini sudah harus ditangani oleh pihak manajemen program studi (prodi). Namun, setelah perwakilan kelas kami menghubungi pihak administrasi, katanya kelas ini digantikan oleh pak Sofyan (ketua prodi). Ia pun memberikan alasan kenapa pak Sofyan tidak masuk karena tidak mengetahui ruang belajarnya dimana. “How long have been here in this campus? You can ask the management”, suara hati berteriak keras mengingat uang 6 juta untuk satu semester.

image
Aktivitas karena tidak ada dosen adalah saling bagi film

Pertemuan berikutnya, hal yang sama terjadi. Pak Sofyan tidak bisa masuk juga. Pihak manajemen memberikan alasan karena beliau tidak ada di Banda Aceh. Beliau sudah berangkat ke Meulaboh, Aceh Barat. “Don’t you have resposibility? You can replace the class by your assistant, bos”, hati ini berteriak lagi.

image
Nonton film juga menjadi alternatif menghilangkan jenuh menunggu jam kelas berikutnya

Hari berikutnya, baru beliau masuk dengan memindahkan jadwal ke siang hari khusus untuk hari itu. Beliau masuk dengan memberikan presentasi menggunakan power point dan sedikit penjelasan tentang materi filsafat. Sampai sejauh ini, it’s ok.

image
Suasana saat dosen hadir

Nah, hari ini, apa yang terjadi? Beliau kembali mengkondisikan diri untuk tidak menampakkan diri di kelas. Saya menyuruh perwakilan kelas menghubungi pihak manajemen prodi. Pihak manajemen mengatakan, “sabar dulu”.

Inilah yang terjadi. Anda bisa memberikan penilaian sendiri. By the way, sepertinya sudah sedikit lari dari judul ya? Hehehe🙂 atau apakah seharusnya saya mengantikan judul menjadi “kekecewaan mahasiswa pasca sarjana terhadap kinerja manajemen”.

Dalam video ini terdapat salah seorang yang mengeluh karena ketidakhadiran dosen.

Saran saya, bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah S2, bagusnya jangan di Unsyiah. Pilihlah universitas lain. Bilapun tidak di luar negeri, yaa anda bisa pilih di dalam negeri. Namun, kalau untuk saat ini hapus saja nama Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala dalam list anda.

*tulisan ini adalah tulisan blog dan bukan situs resmi Pasca Sarjana Unsyiah. Jadi, tulisan ini hanya ditujukan bagi teman-teman saya saja. Jangan menelan mentah-mentah isi tulisan ini. Anda bisa me,pertimbangkan sendiri pilihan yang bagus menurut anda.

2 thoughts on “Ketika Prof. Darni Daud tidak hadir di kelas”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s