Rupanya puasa membantu fokus

image
Rusydi sedang fokus mengerjakan soal IELTS (sorry gk minta izin, bro🙂 )

Dalam beberapa hari ini, aktivitas puasa daud saya terhenti. Sangat disayangkan sebenernya. Saya mencoba melihat lagi kilas balik dan membandingkan antara fasting day dan without fasting day.
Seperti sesuatu yang hilang adalah kalimat lain untuk mengambarkan hari tanpa puasa. Walau tidak mampu mewakili semuanya. Yang jelas ketika saya melirik hari-hari puasa, terasa sangat terbantu sekali. Terutama fokus. Saya bisa fokus pada impian dan target yang ingin dicapai. Hafalan qur’an juga enak dan lebih mudah, alhamdulillah. Di kampus, terasa lebih mudah mendalami materi kuliah. Ide lebih banyak muncul untuk setiap hal yang dipikirkan. Terasa lebih ringan. Ringan sekali.

image
Buah semangka kuning adalah menu sahur favorit saya

Pernah saya ditanyakan oleh seorang bule, “apakah kamu bisa konsentrasi dalam belajar kalau puasa? “. Dengan mantap saya terangkat kepadanya bahkan puasa itu, dengan izin Allah swt, membantu saya untuk konsentrasi dan berpikir lebih mendalam. Di setiap jawaban atau pandangan pendapat yang saya berikan dalam diskusi, sering tidak terpikirkan oleh orang lain.

image
Air kelapa muda adalah menu berbuka favorit saya juga

Pernah saya baca salah satu buku *nanti saya buat resensinya* yang menjelaskan manfaat puasa bagi tubuh. Si penulis menjelaskannya lewat sudut pandang kesehatan. Ia mengatakan bahwa puasa itu sehat. Otak kita juga tidak punya efek samping bila berpuasa. Sehingga saya juga berpikir, mungkin ini juga salah satu alasan santri tahfidz al-qur’an melaksanakan puasa. Hal itu membuat mereka mudah dalam menghafal ayat-ayat suci.

Selain itu, doa lebih enak untuk dimohon pada sang khalik, Allah ‘azza wajalla. Rupanya banyak doa yang terkabul di hari-hari tersebut. Alhamdulillah.

Nah, bagimana pula tanpa puasa. Saya memang sangat merasa aneh saja. Tidak managable terkadang. Bahkan target hafalan qur’an saya juga melenceng jauh. Ini yang sangat saya sedihkan. Padahal sudah saya set sedemikian rupa timeline-nya, namun bisa berantakan juga.

Mengingat banyak sekali manfaatnya, terutama dalam hal fokus, maka dengan izin Allah swt, insha allah besok kita mulai lagi. Bismillahirrahma nirrahim.

5 thoughts on “Rupanya puasa membantu fokus”

Leave a Reply

