Bersama mereka di Rumah Yatim

image
Rumah Yatim (sumber: http://www.rumah-yatim.org/indonesia/)

Malam ini tidak seperti malam biasanya. Saya bisa bercengkrama lagi dengan anak-anak kecil yang lucu. Saya melihat tingkah laku mereka yang bener-bener sangat menikmati dunianya. Mereka berbicara dengan teman-temannya. Mereka bermain sepeda. Mereka saling menjaga satu sama lain. Mereka patuh pada seniornya yang lebih tua. Yang senior juga membimbing mereka.


Tadi ketika tiba dan setelah memarkir motor, saya langsung ke tempat duduk yang dekat juga dengan kamar mandi. Saya melihat suasana asrama yang begitu kental di sini. Beberapa anak ada yang menentengkan kotak peralatan mandi dan mengenakan handuk besar di pinggang. Ia mengantri sambil menunggu kamar mandi kosong. Yang sudah selesai mandi mengobrol dengan temannya. Ada juga yang sudah rapi dan siap-siap shalat magrib berjama’ah. Ketika saya bangun dari tempat duduk dan menghadap ke luar, terlihat anak-anak lain yang sedang mengambil sepeda mereka untuk pergi ke mesjid. Di sini, rupanya mereka terlihat mampu menjaga kerapian. Mereka memarkir sepeda masing-masing dengan rapi sekali. Kemandirian terlihat jelas dari tingkah laku mereka di disini.

Setelah shalat margrib bersama salah seorang pengurus di situ, pemandangan lain hadir di depan mata. Ada seorang anak gadis kecil langsung berlari dengan membawa iqra dan duduk langsung di depan pengurus tadi. Ia segera minta diajarin cara baca kata perkata yang tertera dalam iqra’ nya. Gadis kecil ini memanggilnya dengan sebutan ‘abi’. Saya baru tahu rupanya semua pengurus di sini dipanggil ‘abi’ untuk yang cowok. Bagi yang cewek dipanggil ‘ummi’.

Dihari lain, saya pernah melihat salah satu gadis kecil yang sangat manja dengan salah seorang penggurus. Terlihat seperti bermanja dengan orang tuanya. Sampai-sampai saya bertanya apakah itu anaknya? Rupanya si penggurus bilang bukan. “Dia itu anak di sini”, katanya. Suasana kekeluargaan bener-bener nyata di sini.

Mengajari bahasa inggris untuk karyawan di sini juga seperti di rumah rasanya. Ada anak-anak kecil yang lewat di depan terkadang. Hehehe🙂 Bagi yang masih memiliki bayi, sambil menjaga bayinya, ia juga belajar bahasa inggris di kelas saya. Semangat 45 nya keluar juga. Mereka terlihat antusias.

Satu kata untuk para pengurus di sini, “subhanallah. Semoga keberkahan selalu untuk mereka dan doa-doa mereka selalu terkabul. Amin”

*Untuk donasi, boleh datang langsung ke Yayasan Rumah Yatim Arrahman Aceh Jalan Residen Danubroto No. 13 Lamlagang, Aceh . Atau boleh juga transfer ke rekening. Tapi, saya lupa no.rek nya.

4 thoughts on “Bersama mereka di Rumah Yatim”

Leave a Reply

