Good bye 2013 and Welcome 2014

2014
Happy new year 2013

Kali ini saya menulis menggunakan si leppie. Terasa ngak nyaman terkadang karena sering nulis blog make tablet. Baiklah. Mari kita mulai.

Arti 2013 bagi saya

2013 adalah tahun transisi besar, terutama dalam bidang pendidikan bagi saya. Alhamdulilah di tahun tersebut saya sudah memutuskan dan melakukan pengajuan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan program pasca sarjana. Walau akhirnya tidak lulus, tapi saya sudah masuk ke program pasca sarjana di Universitas Syiah Kuala. Namun, sedikit kecewa setelah di bulan desember saya baru sadar rupanya jurusan bahasa inggris S2 di Unsyiah tersebut belum terakreditasi. L Memang sebenarnya itu hanyalah sebuah pelarian saya sesaat sambil hunting beasiswa. But, I think I have to finish it at least one semester.

wpid-IMG_20131106_095835.jpg
Suasana belajar di dalam kelas

Hal lain yang paling menarik di tahun 2013 adalah mendapatkan banyak teman. Saya bergabung dengan banyak club dan komunitas positif. Seperti English club yang saya ikuti lebih dari pada satu, reading club, toefl club, aceh forex communinty. Banyaknya network yang saya dapatkan adalah keuntungan lain dari sikap membuka diri dengan orang banyak.

wpid-PhotoGrid_1371310111827.jpg
Suasana gathering di english club

Untuk income, di tahun 2013, saya punya beberapa sumber income. Diantaranya:

1. Mengajar bahasa inggris.

2. Mengajar forex. (namun 6 bulan terakhir saya dan teman-teman tidak membuka kelas baru).

3. Profit forex.

4. Penghasilan tidak terduga.

Empat sumber income itu alhamdulillah bisa untuk melanjutkan hidup di kota banda aceh ini,yang katanya inflasinya tinggi.

wpid-IMG_20131010_140506.jpg
Income harus lebih dari satu sumber

Sementar mission yang failed di 2013 adalah getting married. Mmm … But, it’s never mind because what I believe is Allah knows when the right time, the right place and the right women. Heehe😀 Untuk hal yang satu ini, saya teringat kalima Prof. Dardi Daud,mantan rektor Universitas Syiah Kuala,  “Do your best and let God do the rest”.

Bagaimana di tahun 2014?

Sebelum masuk tahun baru 2014, saya sudah merencanakan beberapa target. Semoga perencanaan matang itu bisa benar-benar terjadi. Target utama saya adalah dalam bisnis.

Saya sudah memutuskan untuk belajar Internet Marketing. Pilihan saya jatuh pada Anne Ahira dengan kursus di Asianbrain.com. Saya sudah mendaftar dan insya allah tanggal 2 Januari 2014 sudah mulai bisa belajar. Jadi, selama setahun penuh saya bakalan belajar Internet Marketing.

wpid-226392_1714271101756_1058305_n.jpg
Pemasaran melalu internet

Alasan saya memutuskan belajar selama setahun adalah karena untuk menentukan kecocokan sebuah bisnis tidak bisa coba-coba. Tidak bisa hanya sebentar. Butuh waktu minimal 5 tahun. Namun, bagi saya 1 tahun adalah untuk mencari uang dan sambil belajar karena internet marketing sangat luas sekali ilmunya. Di saat skill sudah ada, maka tinggal diasah saja dan dipraktekin terus.

wpid-PhotoGrid_1368353265302.jpg
Bersama anggota Aceh Forex Community

Untuk forex, saya masih melakukan trading. Saya menggunakan money managemen yang ketat dan profit di hitung pada akumulasi akhir bulan. Target profit mencapai 20% hingga 50 % per bulan. Bila melebih angka tersebut, berarti itu adalah surplus. Untuk sistem trading, saya menggunakan sistem trading yang simple dan mudah melakukan transaksi menggunakan gadget dimanapun tanpa harus selalu membuka laptop.

Jadi, sumber income rencananya adalah:

1. Internet Marketing

2. Forex

3. Mengajar bahasa inggris.

4. Agen Asuransi

5. Sumber tak terduga.

Untuk bidang pendidikan, saya tetap melanjutkan misi tahun sebelumnya, yaitu hunting beasiswa. Yang terpikirkan sekarang adalah nembak beasiswa LPSDM provinsi Aceh, LPDP, Beasiswa Prestasi, Australian Award. Fullbright menjadi pilihan tertinggi juga. Namun, bila nanti ada kesempatan lain, maka bakalan dicoba juga. Sementar untuk belajar di PPS Unsyiah masih belum punya keputusan apakah melanjutkan atau tidak karena pertimbangan belum adanya akreditasi untuk jurusan bahasa inggris. Butuh konsultasi dengan keluarga terutama dan juga informasi lain.

wpid-2013-10-26-15.33.06.jpg
Di depan pintu masuk Dayah Tinggi Al-Qur’an, Japakeh, Mata Ie, Aceh Besar

Sementara salah satu misi spritual tetap saya lanjutkan. Yaitu khatam menghafal al-qur’an 30 Juz sebelum umur 30. Misi ini sudah saya mulai di tahun sebelumnya. Khusus untuk mencapai target tersebut, saya harus meminimalisir kegiatan diluar rumah. Karena untuk mencapainya butuh fokus dan tidak terbebani pikiran yang sering timbul karena mengejar deadline perkerjaan.

Jadi, untuk mencapai semuanya itu, saya butuh kesiapan untuk mengatakan “tidak” pada tawaran pekerjaan yang tidak mendukung program saya di tahun 2014 ini. Butuh filter/saringan dalam menerima atau menolak tawaran baru yang bakalan datang nantinya. Untuk itu, butuh juga kekuatan financial yang baik sehingga mampu menolak yang lain. Makanya, rencana saya fokus pada 5 sumber penghasilan di atas sangat membantu, saya rasa. Insya allah.

wpid-IMG_20131007_124344.jpg
Mari menikmati masakan kuah pliek

 Selamat datang 2014, tahun berkah dan kekayaan dan tahun kemenangan. Amin.

Oya, bagi teman-teman yang ingin juga belajar Internet Marketing, bisa langsung daftar di sini atau klik gambar di bawah.

asian-brain-banner-20

That’s my resolution in 2014.🙂

6 thoughts on “Good bye 2013 and Welcome 2014”

    1. I have planed it before 2014. I have decided to take internet marketing course in this year. So, I have to think deeply. If you wanna join it, you must consider every thing and it’s your own decision NOT “ikut-ikutan” (kalimat bu guru Anne Ahira).. hehe😀

Leave a Reply

