Tiket Dunia dan Tiket Akhirat

image
Belajar untuk kesuksesan

Setiap selesai shalat, kita sering mengucapkan doa sapu jagad. Bahkan karena saking terbiasanya, kita terkadang tidak meresapi akan makna doa dahsyat ini. Doa ini berbunyi, “rabbana atina fidnuniya hasanah wa fil akhirati hasanatau wakina ‘azabannar””. Sebuah doa yang simple namun mengandung makna yang powerful. Artinya, “ya tuhan kami, berikanlah kami kebahagiaan di dunia dan di akhirat”. Ada juga yang memberi makna “Ya tuhan kami, berikanlah kami kebahagian SEMENJAK di dunia SAMPAI akhirat”.
Nah, saya mendefinisikan makna kebahagian itu adalah kesuksesan. Apa yang membuat saya bahagia, saya dapatkan. Jadi, saya mencoba berpikir realistik yang berdasarkan konsep doa tersebut. Mari kita kaji kembali lebih detail.

Sekarang, saya ingin bertanya. Menurut anda, apakah anda bahagia mendapatkan kenaikan gaji? Apakah anda bahagia mendapatkan jabatan tinggi? Apakah anda bahagia bisa kuliah di luar negeri? Bila jawaban anda “ya”, maka anda harus punya tiket kebahagiaan dunia. Apakah anda bahagia bila anda dijamin masuk surga? Apakah anda bahagia bila dilancarkan naik haji? Bila jawaban anda adalah “ya”, maka anda harus punya tiket akhirat.

image
Berkas aplikasi beasiswa

Tiket Dunia

Bagi Saya, karena salah satu keinginan saya adalah bisa kuliah ke luar negeri, maka score TOEFL yang tinggi adalah tiket dunia saya. Maka, saya berusaha keras untuk bisa memperoleh nilai setinggi-tingginya. Saya juga terus melamar segala macam beasiswa. Dengan adanya banyak sekali penawaran beasiswa dari berbagai lembaga, saya coba tembak semuanya. Mulai dari beasiswa pemerintah Aceh, LPDP, AAS Australia, Fullbright Amerika, beasiswa prestasi, dan lain-lainnya. Jadi, saya punya definisi sendiri tiket dunia. Anda juga bisa membuat definisi sendiri pula.

image
Qur'an khusus untul hafalan

Tiket Akhirat

Sebelum membahas ini, hal dasar yang harus saya tekankan adalah masuk surga dan neraka itu hak Allah swt. Walau dalam salah satu ayat pada surah Al-Baqarah, Allah swt bilang bahwa hambaku yang berbuat baik dengan amal shalih akan masuk kedam surga yang airnya mengalir dibawahnya dengan indah. Juga, bagi hambanya yang membuat kejahatan dan kerusakan di dunia ini, maka akan bertempat di neraka.

Nah, bagi saya, menghafal al-qur’an sampai 30 juz adalah kunci akhirat. Saya berpegang pada satu hadis rasul yang maknanya, “maka naiklah ke surga sesuai bacaan tartilmu”. Ini salah satu cita-cita saya.

Sekarang timbul pertanyaan. Bagaiman kalau saya ingin kedua-duanya? Hal wajar sih, kita sebagai manusia ingin memiliki tidak hanya satu kesenangan saja. Kesenangan dunia juga akhirat dong.:-) Baiklah, untuk menjawab itu, saya akan menceritakan sebuah kisah yang saya dapatkan hasil dari blogwalking.

Ia adalah seorang pemuda. Tinggal di pulau jawa. Saya lupa nama kotanya. Semenjak remaja ia sudah suka dengan al-qur’an. Ia menghafal al-qur’an pelan-pelan sampai ia akhirnya bisa selesai sampai 30 Juz. Sementara tetangganya sering mengejeknya. Katanya, cuma ngaji aja kerjanya di rumah dan tidak mau mengerjakan yang lain. Namun, alhamdulilah suatu ketika dibuka lowongan menjadi imam di Dubai yang waktu itu kerja sama dengan dinas keagamaan. Salah satu syaratnya adalah harus hafidz. Maka, ia memdaftar dan alhamdulilah ia lulus seleksi. Ia berangkat ke Dubai dan menjadi Imam di sana. Di Dubai, seorang hafidz, sangat dimuliakan oleh negara. Ia mendapatkan gaji bulanan yang tinggi, tempat tinggal mewah, kenderaan mewah dan kehidupan mewah. Tugasnya adalah hanya menjadi Imam.

Saya teringat salah satu hadist rasul, yang maknanya adalah bila engkau mengejar dunia, maka ia akan menjauh. Tapi bila engkau mengejar akhirat, maka dunia ada di tanganmu.

Karena hidup adalah pilihan. Maka, kita, saya, dan anda punya jalan hidup sendiri yang sudah dipilih. Namun, apapun jalan hidup yang dipilih, maka pilihlah yang terbaik buat kehidupan yang tidak hanya untuk dunia, tapi juga akhirat.

Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.

One thought on “Tiket Dunia dan Tiket Akhirat”

Leave a Reply

