Tentukan Pilihan Berdasarkan Profesi Anda

image
Banyaknya Ranger Partai Peserta Pemilu 2014

Memilih orang yang tepat untuk menjalankan perintah kita adalah susah-susah mudah. Sama seperti dikantor. Hal pertama yang yang harus ditentukan oleh tim seleksi adalah apa yang diinginkan oleh perusahaan. Kriterianya apa. Tujuannya perusahaan bisa nggak dijalankan oleh karyawan yang dipilih. Nah, sama juga dong dengan kita memilih wakil rakyat yang akan menjalankan dan memperjuangkan keinginanan kita.

Jadi, kita bisa memilih wakil rakyat sesuai dengan keinginan kita. Pertimbangkan profesi anda dan apa yang menguntungkan bagi profesi anda bila ia terpilih. Berikut ada profesi dan pertimbangan yang harus anda lakukan:

1. Pendidik.
Karena pendidikan adalah ujung tombak kemajuan bangsa, maka anda harus memilih pemimpin yang peduli dengan pendidikan. Ia berani merubah sistem perekrutan tenaga pendidik yang profesional. Bukan hanya dites dengan selembar kertas ujian, tapi juga penilaian skill mengajar. Sehingga kualitas guru benar-benar bagus. Selain itu, Pemimpin ini juga mau menghargai dunia pendidikan dengan program-program follow up yang tidak menghabiskan uang negara karena proyek pelatihan yang tidak jelas dan terkesan hit and run.

2. Siswa/mahasiswa
Yang anda harapkan adalah pemimpin yang memberikan beasiswa secara transparan. Penyediaan beasiswa ke LN atau dalam negeri yang sistemnya tidak ribet. Selain itu juga mau mengarhagai hasil karya dan mau mematenkannya serta memberi royalti. Hal ini akan memacu dunia pendidikan untuk lebih maju.

4. Pelaku pasar
Semakin banyak uang yang berputar di Aceh adalah semakin bagus. Industri kecil bisa hidup dan industri kreatif lainnya juga jalan. Tidak adanya persaingan dengan pebisnis besar karena adanya pemberian izin usaha seperti indoma**t, plaz* yang tanpa batas. Tapi, adanya batasan jumlah usaha yang mematikan usaha kecil.

5. Petani
Pilihlah pemimpin yang membatasi pemberian IMB di area persawahan dan pertanian lainnya. Pertimbangkan juga pemimpin yang mau memberikan subsidi pupuk dan juga benih untuk para petani. Pemimpin tersebut juga harua pinter dalam mengendalikan harga panen tanpa terkendali oleh harga dari Medan.

5. Nelayan
Pilihlah pemimpin yang mendukung kebutuhan nelayan. Seperti, ia mau memperjuangkan subsidi BBM untuk nelayan. Menjaga kelestarian laut dari adanya kejahatan pukat harimau, dan pemboman bawah laut yang merusak alam dan menyempitkan rejeki nelayan. Selain itu, ia juga memperjuangkan hukum adat laut sebagai aturan yang harus diimplementasikan dan adanya punishment bagi yang melanggar.

6. Ulama / pendidik agama
Pilihlah pemimpin yang memperjuangkan program-program dakwah dan pengajian. Mensejahterakan pendidik agama denga program tertentu seperti, honor bulanan untuk guru agama dengan ketentuan tertentu, adanya honor untuk imam menasah di kampung, penyediaan hafiz sebagai imam di mesjid-mesjid. Adanya dukungan terhadap pendidikan hafiz qur’an, seperti pemberian tiket umrah gratis bagi orang tua yang anaknya hafiz qur’an dengan ketentuan tertentu. Adanya ketetapan atau qanun yang mengatur mazhab resmi di Aceh, misalnya. Sehingga ketika beribadah, kita semuanya sama praktiknya. Selain itu, ia juga mau mendukung adanya Qanun jinayat.

7. Pelaku investasi
Pertimbangkan pula pemimpin yang mau memberikan kemudahan dalam penyediaan inveatasi. Ia harua mengerti dunia perbankan dan ekonomi global juga dunia investasi. Ini akan bermanfaat dalam pengelolaan keuangan. Dana APBD yang diberikan oleh pusat, bisa diputar di ranah inveatasi untuk pemasukan daerah. Hasilnya juga bisa dijalankan program-program yang bermutu. Bukan setelah menerima uang dan harus menghabiskannya selama setahun. Selain itu, pemimpin mampu berpikir dan mempunyai program penambahan income daerah, kalau bisa income tiap tahun > APBD.

8. Online buisness
Bagi bloger, online shop, dan juga online forex trader, yang dibutuhkan salah satunya adalah jaringan internet. Pemimpin yang mau memberikan pelayanan kemudahan access internet, kemudahan ekspor dan impor produk dipermudah adalah yang sangat dibutuhkan.

9. Masyarakat umum
Pilihlah pemimpin yang mampu menciptakan lapangan kerja di Aceh. Bukan pemimpin yang memberikan ikan, tapi pemimpin yang memberikan kail. Artinya, bukan pemimpin yang memberikan uang kepada rakyat, tapi memberikan skill dan peluang menghasilkan uang bagi rakyat. Seperti penyediaan bibit pertanian yang menjadi andalan bagi daerah yang berbeda-beda. Dukungan bimbingan usaha yang komprehensive dari pemerintah, tumbuhnya usaha baru tiap tahun, mampu mendatangkan industri-induatri di Aceh dengan aturan merekrut karyawan pribumi 90 persen, misalnya.🙂 Selain itu, adanya regulasi dan keberanian pemimpin untuk mencabut izin usaha penginapan yang menjurus pada kemaksiatan, misalnya.

Pertimbangkan pula pemimpin yang mempunya program yang mendukung pelayanan masyarakat yang lebih baik pada setiap instansi pemerintah. Misalnya, adanya training dan kualifikasi untuk pekerjaan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, sperti front office kantor pajar, kepolisian, Rumah Sakit, kantor untuk pengurusan KK, dan semua instansi pemerintah lainnya. Ini akan membuat masyarakat merasa dimudahkan dalam setiap pelayanan. Sehingga suap-menyuap bisa terhapus juga antara masyarakat dengan petugas.

Dari semua kriteria pemimpin (versi saya) tersebut, saya yakin tidak semua calon pemimpin memilikinya. Namun, setidaknya mendekati diataranya adalah bisa dijadikan pilihan. Selamat memilih.🙂

8 thoughts on “Tentukan Pilihan Berdasarkan Profesi Anda”

  1. sedikit tentang beasiswa LN yang tidak ribet, klo dipikir2 lagi, ribetnya di indo justru memudahkan ketika kita udah diterima dan ke LN misalnya , banyaknya berkas yang kadang dirasa gak ada pentingnya tapi harus disiapkan. Well.. its just my opinion tho🙂

    anyway, nice post, walopun mira udah milih dari akhir bulan lalu😀

    1. Terkadang msh ditemukannya ketidaksparansi dalam penerimaan beasiswa dan kurangnya profesionalisme pada mekanisme perekrutan… it’s what I heard from them….🙂

      Thanks udh mampir lg, Mir🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s