Kenapa Saya Harus Menulis Blog?

Hot Chocolate, selalu jadi teman ketika menulis.
Hot Chocolate, selalu jadi teman ketika menulis.

Bila googling, sudah pasti kita akan banyak mendapatkan berbagai informasi tentang manfaat menulis. Namun, saya punya alasan dan opini sendiri kenapa saya harus menulis. Sampai-sampai saya membuat blog dan semua tulisan saya, saya posting di blog.

Kalau boleh jujur, awalnya saya juga tidak rajin amat untuk menulis. Tetapi, bagi saya menulis ada sebuah kegiatan yang menarik yang saya jadikan sebagai hobi. Terasa sayang terkadang ketika melihat blog tidak terurus dan diisi dengan postingan demi postingan.

Baiklah, berikut saya urutkan beberapa alasan saya menulis. Diantaranya adalah:

1# Tidak bisa curhat sama orang lain.

Lagi-lagi, kalau boleh jujur, saya sangat tidak nyaman untuk curhat kepada orang lain tentang apapun dan siapapun, even my mom and my dad. Terkadang kalau saya di rumah dan terlihat lebih banyak diam, berarti saya sedang memiliki suatu masalah yang harus saya selesaikan dan orang tua saya pun sering bertanya dan saya tidak bisa menceritakannya. It’s hard. I just believe in my self and try to find out the solution.

Pelarian saya dari hal ini adalah berdoa pada yang maha kuasa dan menulis. Di saat-saat menulis, otak saya dituntun untuk berpikir dan di situlah, sambilan menulis Allah swt menganugrahkan solusi setiap masalah. Sering sekali itu berhasil. Mungkin, karena sewaktu menulis, kita mencoba lebih realistis dan berpikir dengan baik dan tenang.

2#Pelampiasan ide.

Ide itu seperti bom dan harus diledakkan. Begitu pula, ide itu datang tanpa diundang dan pergi tanpa diantar ibarat jailangkung. Hehehe😀 Selain itu, ide bisa datang kapan saja dan dimana saja. Terkadang saat hang out sama teman-teman, hasil dari obrolan sehari-hari, sewaktu mengalami sesuatu baik pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain, dan bahkan ide itu juga bisa datang ketika kita sedang mandi atau beribadah. Hehehe😀 Ketika shalat, semakin lama shalatnya, semakin banyak ide yang datang. Hehehe😀 *jangan ditiru.

Jadi, dengan menulislah ide-ide tersebut terdokumentasi dan tersimpan rapi. Suatu saat, saya bisa melihat kembali ide tersebut dan tahu cara mereaslisasikannya.

3# Bermanfaat bagi orang lain.

“Orang yang terbaik diantara kamu adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.” Hadist rasul tersebut bisa diterapkan pada menulis. Kita melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain sesuai kapasitas kita sendiri. Sebagai seorang kepala negara, ia berkerja keras untuk rakyatnya. Sebagai tentara atau polisi, ia berkerja sebaik mungkin untuk melindungi negara. Setiap profesi yang saya sebutkan itu dibutukah power atau wewenang untuk menjalaninya. Bila tidak punya power dibidang itu bagaimana? Ya, menulislah.

Dengan menulis, kita bisa berbagi informasi dari sudut pandang sendiri terhadap apa saja. Misal, ketika anda ke kantor dan bertemu pengemis di jalan. Dalam hati dan juga pikiran anda, punya sesuatu yang terpikirkan atau dirasakan. Mungkin anda punya solusi untuk menangani masalah ini. Jadi, ide tersebut bisa dishare dengan menulis. Jadi, siapapun yang membacanya, terutama orang-orang yang punya wewenang, mungkin akan mempertimbangkan ide anda.

4# Pelampiasan pendapat.

Ada kalanya saya menghadiri acara diskusi, seminar, training atau semacamnya. Disitu saya memiliki pendapat sendiri yang mungkin bertentangan dengan orang lain atau bahkan pendapat saya tidak bisa diterima a.k.a ditolak. Atau bahkan ada pendapat orang lain yang mungkin tidak bagus dan berbahaya idenya. Maka, menulis adalah solusi bagi saya untuk mematahkan pendapat orang lain. Posting di blog dan dalam waktu sesaat segera menjadi pembicaraan orang banyak. Lebih menyenangkan pendapat saya yang diterima oleh dunia dari pada hanya pada beberapa orang di komunitas tertentu dengan jumlah orang sangat sedikit. Jadi, ada rasa bangga dan senang. Hehehe😀

5# Promosi

Promosi di sini, bukan hanya berarti mempromosikan produk atau hal-hal lainnya bisa dijual. Tetapi juga untuk mempromosikan diri sendiri. Dengan memiliki blog, kita punya media sendiri untuk eksis, mempromosikan kemampuan diri, daerah, dan lain-lain. Bahkan kita juga bisa mempromosikan hal atau tempat untuk dikunjungi, dibantu, atau program-program positif untuk dikampanyekan.

Itulah diantara poin-poin alasan kenapa saya menulis blog. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya kalau mau diurutkan lagi. Seperti, membantu proses berpikir, lebih pinter, pergaulan luas (ketika blogwalking), wawasan luas dan lain-lainya. Buanyaaaaak..😀

Bila teman-teman masih punya alasan lain yang mau ditambahkan, silahkan disebutkan di kolom koment. Hehe😀

 

9 thoughts on “Kenapa Saya Harus Menulis Blog?”

  1. Blog buat promosikan diri mas, bisa gitu?
    kalo gitu aku juga mau coba ah,, siapa tau dapet yang solehah, cantik dan pinter, blogger lagi, kan nikmat banget tuh mas, hhehehe

Leave a Reply

