Skipping: 3 hari kuasai 3 trick.

Peralatan skipping saya yang baru.
Peralatan skipping saya yang baru.

Hari ini adalah hari ketiga saya menjalani latihan skipping alias jumping rope alias lompat tali. Rupanya ada banyak sekali manfaat yang saya rasakan, bahkan semenjak hari pertama memulai. Moreover, kali ini tepat pada hari ketiga saya melakukan aktifitas ini, sudah bisa menguasai 3 trick indah. Hehehe😀

Sebelum baca paragraph berikutnya, akan lebih nyambung lagi kalau anda sudah baca yang disini.

Namun, sebelum saya ngomongin tentang 3 tick baru yang sudah bisa saya kuasai, saya ingin share dulu manfaat langsung yang saya alami. Diantaranya adalah:

  1. Kualitas tidur menjadi lebih baik.

Dulu, saya sangat susah sekali untuk tidur. Insomnia benar-benar sangat menakutkan. Alhamdulillah, semenjak hari pertama saya melakukan jumping rope ini, malamnya enak sekali tidur. Nyenyak sekali. Bangun pagipun terasa sangat nyaman dan sengar bugar pada kesesokan harinya.

  1. Badan lebih fit.

Badan terasa semakin sehat. Tidak terasa letih atau loyo lagi.  Postur tubuh juga benar-benar sangat fit. Komentar paman saya ketika jumpa kemarin, “Rahmat terlihat sehat dan segar terus ya”. Itulah penilaian dari orang yang melihat langsung selain saya sendiri merasakannya.

  1. Semangat sepanjang hari.

Sudah pasti semangat itu hadir takkala kemalasan sirna. Rasa malas hilang juga karena olah raga. Tubuh memiliki stamina yang prima dan tidak mudah lelah. Jadi bawaan ngantuk dan malas-malas gitu hilang.

  1. Berat badan turun.

Nah, ini yang tidak saya duga. Kemarin pas selesai mengajar, saya iseng naik timbangan yang ada di kantor, eh rupanya turun 1 kg. Hahaha😀 It’s real. Padahal saya memang tidak fokus menurunkan berat badan. But it’s work!😀

Bagaimana saya melakukannya?

Saya melakukan olah raga skipping ini setiap hari 30 menit. Kadang pagi, kadang juga sebelum siang. Karena biasanya kalau pagi-pagi sekali ada agenda lain jadi tidak sempat. Selesai urusan yang lain dulu, baru skipping pas sebelum mandi dan sarapan pagi.

Sebelum latihan utama skipping, saya melakukan warming up atau pemanasan dulu. Ini wajib. Bila anda ingin melakukan skipping juga, selalu awali dengan pemanasan yang cukup dulu untuk meminimalisir cedera. Selanjutnya, baru memulai latihan skippingnya.

Ketika melakukan skipping, lakukanlah dengan benar dan kuasai gerakan-gerakan dasar dulu. Saya biasanya melompat sampai 1 set dan istirahat 1 menit. Untuk 1 set bisa ditentukan sendiri berapa repitisi (pengulangan). Kalau saya biasanya 30-50 repitisi untuk 1 set. Setelah istirahat 1 menit, lanjut lagi tambah 1 set. Dan seterusnya. Terakhir nanti, lakukanlah pendinginan.

Saya melakukan semuanya itu selama 30 menit setiap hari. 30 menit tersebut sudah termasuk pemanasan, latihan utama dan pendinginan.

Bagi teman-teman yang baru memulai, tidak mesti terburu-buru dan memaksakan diri sampai 30 menit. Kalau hari ini sanggup 10 menit, ya stop aja. Besok sambung lagi dan tingkatkan lagi. Bilapun anda mampu sampai 1 jam pun, baiknya untuk hari pertama jangan sampai 1 jam juga. Mulailah pelan-pelan dulu. Bila dipaksakan, kaki anda akan terasa nyeri atau sakit susah digerakan karena baru merasakan latihan yang langsung pada level berat. Jadi, pelan-pelan aja dulu.

Trick atau gerakan baru yang saya kuasai.

Alhamdulilah, sekarang sampai hari ke-3 ini, saya sudah kuasai 3 gerakan. Targetnya, 1 hari bisa kuasai 1 gerakan baru. Gerakan apa saya yang sudah saya kuasai? Ini dia:

#1. Bounce step; Yaitu gerakan melompat dengan 2 kaki yang dirapatkan. Ini adalah gerakan dasar. Hari pertama, saya melancarkan dulu gerakan ini.

#2. Forward stadler; Gerakan seperti orang dalam posisi kumite pada olah raga karate. Loncat dan jatuhkan kaki kiri di depan dan kaki kanan dibelakang. Putar lagi talinya. Ganti jatuhkan kaki kanan di depan dan kaki kiri dibelakang. Gerakannya dilakukan bergantian terus menerus.

#3. Alternate foot; Gerakan seperti berjalan di tempat. Dilakukan bersamaan dengan ayunan tali skipping.

Untuk besok, insha allah saya akan menguasai trick baru lagi. Mudah-mudah bisa dan terus bersemangat.

9 thoughts on “Skipping: 3 hari kuasai 3 trick.”

    1. Baiknya lakukan saja pemanasan sebentar, mas.. hehe😀 karena pemanasan itu bukan cuma untuk menghindari cedera, tetapi juga untuk membuat kesiapan bagian-bagian tubuh untuk bisa siap sebelum langsung latihan utama. Cuma saran, mas..😀 pis v

Leave a Reply

