Menggunakan TO-DO LIST Dalam Pengelolaan Waktu

Contoh To-Do List sederhana.

Saya sudah lama tahu tentang TO-DO LIST ini. Sering juga saya terapkan ketika saya masih aktif di organisasi-organisasi saat kuliah dulu. Namun, untuk personal use tidak pernah saya terapkan. Walaupun saya tahu benar akan efektifnya  waktu yang digunakan. Setelah sekian lama saya berada pada kondisi waktu yang sangat susah saya kelola, alhamduliah teringat teknik ini, dan kini saya terapkan dalam kehidupan.

Apakah TO-DO LIST?

To-do list adalah salah satu teknik dalam mengelola waktu agar lebih efesien dan fokus pada tujuan atau target yang ingin dicapai. Berbeda dengan jadwal harian yang ada waktu dan keterangan tugas yang harus dilakukan. Pada sistem to-do list ini, kita hanya fokus pada agenda penting yang harus diselesaikan. Terserah waktunya kapan, namun semua daftar tugas tersebut harus selesai di hari tersebut.

Bagaimana cara membuat TO-DO LIST?

Cara membuat To-Do List ini sangatlah mudah. Pertama, anda hanya perlu menulis beberapa daftar tugas yang harus dilakukan pada hari tersebut. Maksimum adalah 7 tugas penting yang ingin diselesaikan. Kenapa harus 7? Karena based on a research, kemampuan manusia dalam mengingat paling rendah adalah 7 hal. Bila lebih dari 7, misal ada 10 tugas, maka pilihlah 7 tugas yang penting saja. Sementara sisanya masukakkan pada list khusus untuk dikerjakan bila punya waktu senggang nantinya.

Selanjutnya, lakukan tugas-tugas tersebut satu per satu. Setiap selesai satu tugas, langsung diconteng atau dicoret dari daftar. Ketika sedang capek atau lagi break, kerjakanlah tugas-tugas ringan saja yang ada di daftar tugas untuk waktu senggang.

Cobalah menggunakan metode ini selama seminggu. Lihatlah hasilnya. Memang sih To-Do List ini bukan satu-satunya metode terbaik, tapi To-Do List ini adalah salah satu cara yang terbaik dalam mengelola waktu.

Sekarang sudah ada aplikasi To-Do List di android dan perangkat komunikasi lainnya. Maka, lebih mudah lagi dan lebih handy. Boleh dipilih menggunakan buku kecil atau memanfaatkan aplikasi yang ada di handphone.

Mungkin tidak semua orang cocok dengan metode ini, maka harus dicoba dulu minimal seminggu. Dulu, sebelum saya menggunakan metode ini, saya mencoba berbagai hal, seperti alarm atau pengingat lewat SMS yang saya daftarkan di google. Namun, bagi saya terasa sangat dikejar-kejar oleh waktu. Seolah-olah bukan saya lagi yang menguasai waktu, tetapi waktulah yang telah menguasai saya. Sampai akhirnya saya mencoba menggunakan To-Do List ini. Alhamdulilah sangat terbantu.

Silahkan dicoba.😀

 

2 thoughts on “Menggunakan TO-DO LIST Dalam Pengelolaan Waktu”

    1. Ya…ya… sama, mas. Tp saya memang ngk target khusus untuk menyelesaikan smuai list trsbt. Tp smampu mungkin. Trkadang hari ini ngk finish, tp bisa lanjut ke besok. Prinsipnya sih ada planning lbih baik dari pada tidak ada planning sama skali.. hehe😀

Leave a Reply

