Trading Journal Dimulai Lagi

Photo-0486
Training sedang berlangsung di markas Aceh Forex Community (AFC), Banda Aceh.

Kemarin adalah hari dimana saya kopdar dengan beberapa rekan trader yang berdomisili di Banda Aceh. Memang sebenarnya sih tringgernya karena kebetulan ada salah seorang trader yang berkunjung ke Banda Aceh dan ingin ngumpul bersama teman-teman lain seprofesi.

Gegara meet-up kemarin itu, tercetus kembali apa yang sudah lama tidak saya lakukan lagi, yaitu membuat trading journal. Hal penting yang sudah sangat jarang saya lakukan lagi. Paling cuma screen shoot ketika entry dan screet shoot lagi ketika close baik loss atau profit. Namun, bila itu saya lakukan sendiri yang mengambil manfaatnya adalah diri saya sendiri. Hal tersebut tidak akan bisa menyebarnya ilmu yang sudah saya kuasai. Maka saya, untuk kedepan berencana memposting Trading Journal mingguan di blog ini. Apalagi khan sudah pernah beberapa kali saya posting tentang forex, jadi kategori juga sudah ada di blog. Bagi siapapun yang ingin belajar bisa mengikuti tulisan khusus pada kategori Forex.

Bagi yang ingin follow tulisan saya, ada beberapa yang hal perlu diperhatikan:

  1. Postingan tersebut bukan untuk menegaskan bahwa teknik yang saya gunakan adalah satu-satunya teknik terbaik. Bukan. Tidak sama sekali. Saya trading dengan teknik yang cocok bagi saya. Ingatlah bahwa banyak teknik trading yang bagus, tapi tidak semua orang cocok untuk setiap teknik.
  2. Pada setiap postingan trading journal tersebut nantinya, saya tidak mengajarkan dan atau membahas secara khusus teknik yang saya gunakan. Namun, bila terus diikuti, maka anda bisa memahaminya sendiri. Karena saya masih percaya bahwa untuk belajar, khususnya forex, perlu tatap muka langsung, setidaknya sekali.
  3. Untuk setiap postingan tersebut, diakhir postingan, saya berencana menulis beberapa hal lain yang penting selain teknik, insha allah.
  4. Bagi yang tidak tertarik dengan dunia forex, atau anti terhadap bisnis ini, mohon tidak memberikan komentar negatif pada setiap postingan kategori “Forex” di blog ini.
  5. Untuk mempelajari teknik yang saya gunakan, lebih baik belajar langsung sama Atuk Pemalu di sini atau di sini.

Semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Trading Journal Dimulai Lagi”

    1. Waduh… klo untuk penggunaan MT4 coba guggling aja mas… ada bnyak tutorialnya.. smntra yang kali ini adalah untuk bljar analisa saja melalui journal trading saya selma seminggu yg sya posting stiap akhir pekan insha allah…😀

Leave a Reply

