Pentingnya Trading Journal Dalam Menemukan Trading Sistem

Manual Trading Journal.
Manual Trading Journal.

Postingan kali ini berhubungan dengan postingan sebelumnya di sini.

Beberapa jam yang lalu, saya dengan beberapa teman trader hang out di salah satu warkop di Banda Aceh. Kami sering melakukannya bersama. Mungkin karena kami punya interest yang sama, yaitu trading forex. Memang sangat jarang kami trading bareng, tetapi analisa bareng sering kami lakukan setiap akhir pekan, ketika market close. Walau kami punya teknik trading yang berbeda-beda, tapi alhamdulillah kami tetap kompak dan saling menghormati. Seperti ada aturan yang tidak tertulis diantara kami, bahwa hari senin sampai jum’at dilarang bahas analisa forex. Ngomogin forex boleh, tapi analisa dan entry masing-masing. Kecuali, sabtu dan minggu sering analisa bareng untuk minggu berikutnya.

Mmmm… Baiklah. Bukan itu sih yang ingin saya bahas. Sepertiya itu adalah paragraph pembuka yang buruk. Hehe😀 BTW, salah seorang teman, tadi, bilang bahwa ia belum menemukan satu trading sistempun yang cocok untuknya.

Saya berkata padanya,

“Sebagai teman, apa yang bisa saya lakukan untuk membantu?”. Ia-pun bigung bagaimana menjawabnya. Hehe😀

Selanjutnya, ia berkata,

“Saya telah mencoba teknik ini dan itu, tapi tidak ada yang berhasil.”

Akhirnya, saya mengatakan,

“Bang! Saya tidak mau memberi nasehat. Abang sudah lama di forex, jadi tidak patutlah saya kasih nasehat karena semua nasehat abang juga sudah tahu. Tetapi saya cuma mau memberikan testiomoni saja. Saya menggunakan trading journal, dan alhamdulillah saya mulai mencintai trading sistem yang saya gunakan. Saya sudah dapat ‘klik’nya, alhamdulillah. Saya sudah dapat ‘ngeh’nya itu.”

Saya lanjutkan dengan kalimat,

“Bikinlah trading journal, bang!”.

Nasehat diatas bukanlah hanya untuk teman saya yang itu saja, tetapi untuk semua orang. Untuk setiap trader yang sekarang sedang mencari-cari trading sistem yang bagus (baca:cocok). Seorang trader akan sangat susah menemukan trading sistem yang cocok untuk dirinya tanpa membuat trading journal. Setidaknya, trading journal yang simple saja. Alasan entrynya apa dan hasilnya apa berdasarkan trading sistem yang dipelajari.

Silahkan ikut apapun training dan class trading sistem dimanapun dan apapun. Namun, cocok atau tidaknya harus di-journalin. Harus ditulis setiap alasan entrynya dan hasil akhirnya. Setelah minimal 1 bulan dilakukan, maka baru putuskan kesimplannya, apakah akan menggunakan trading sistem tersebut atau tidak.

Trading itu sama seperti berkerja. Dalam perkerjaan apapun, project apapun, tugas apapun, selalu saja ada laporan yang harus kita buat diakhir. Ada laporan LPJ, istilahnya, Laporan Pertanggung Jawaban. LPJ jabatan pada organisasi atau perusahaan biasanya harus siap pada akhir periode setahun atau per semester.

Nah, bagaimana dengan trading? Untuk trading journal harus dibuat setiap kali entry selama seminggu. Saya biasanya membuat trading journal pada Ms.Word. Diakhir minggu, itu semua disortir mana analisa entry yang loss dan profit. Bikin 2 file lagi pada Ms. Word. 1 untuk file entry hasil loss dan 1 file lagi untuk kumpulan analisa entry yang hasilnya profit. Pelajari kenapa loss dan untuk kedepan hindari alasan entry seperti itu. Sementara file yang profit, bisa dipelajari untuk diulang-ulang lagi profitnya. Lebih baik diprint sehingga mudah dipelajari kapanpun dan dimanapun.

Minimal selama 1 bulan melakukan ini, maka biasanya seorang trader sudah lebih percaya diri dengan trading sistemnya. Selanjutnya, kedisiplinan akan tumbuh sendiri. Journal trading terus dilakukan sampai kapanpun. Jadi, setiap entry bukanlah entry asal-asalan. Lebih managable dan lebih baik nantinya.

Semoga postingan ini bermanfaat.

2 thoughts on “Pentingnya Trading Journal Dalam Menemukan Trading Sistem”

  1. Sekarang apa-apa harus ada jurnal-nya, ya?😀
    Saya mah pusing kalau masalah trading2an gini meski banyak teman yang hobby main trading dan suka cerita juga berusaha ngasih pengertian dengan maksud siapa tau sayanya tertarik tapi tetep gak ngeh😀

Leave a Reply

