Tips Sehat Makan Bakso Ala Homehay

Bakso Raksasa ukurang king size.
Bakso Raksasa ukurang king size.

Siapa sih yang tidak suka bakso? Hampir rata-rata orang Indonesia suka makan bakso, lho. Apalagi orang melayu. Salah satu teman yang pernah tinggal di Nunukan mengatakan bahwa orang Malaysia aja mau nyeberang ke sana hanya untuk makan bakso saja. Can you imagine it? Demi bakso, lho. B-A-K-S-O.

Beberapa waktu yang lalu, saya diajak sama teman-teman di english club untuk nyobain bakso ukuran jumbo. Sebenarnya, saya bukanlah bakso maniac. Namun, karena mereka terlalu mengedifikasi dengan high-nya tentang bakso tersebut, maka mau jugalah mencoba ini bakso.

Baiklah, sesuai dengan judul, kita tidak akan membahas seberapa enaknya bakso jumbo ini. Yang bakalan saya share kali ini adalah bagaimana saya, yang tidak terlalu doyan sama bakso, mengelola cara makan bakso yang baik dan sehat. Hehehe😀 Berikut caranya. Ingat, versi homehay, lho.😀

Pertama: Konsumsi air putih hangat.

Setelah konsumsi bakso, biasanya baksoker (pemakan bakso) akan mengalami pusing-pusing atau pening berat terasa dikepala. Ini dikarenakan di dalam bakso banyak mengandung penyedap. Sebaiknya minumlah air mineral hangat. Minumlah yang banyak. Pastikan urin ketika buang air kecil berwarna bening, bukan kuning. Air putih adalah salah satu media untuk membuang racun atau detoksifikasi. Air kelapa muda juga baik untuk dicoba.

Kedua: Konsumsi buah-buahan.

Selain minum air putih, konsumsilah buah-buahan yang banyak. Penting untuk menetralisirkan racun yang ada di dalam tubuh. Saya biasanya segera makan buah apa saja yang ada di dalam kulkas. Mulai dari pisang, jeruk dan apapun. Terutama sekali buah-buahan yang mengandung banyak air.

Ketiga: Jangan jadikan bakso sebagai makanan pokok.

Percayalah, bahwa tak ada kandungan nutrisi yang bagus pada bakso. Anda tetap membutuhkan makanan yang bergizi untuk kebutuhan tubuh anda. Jadi, walaupun sudah makan bakso di siang hari, tetap juga harus makan siang. Jangan berharap banyak pada bakso yang memiliki berbagai bahan penyedap di dalamnya itu.

Keempat: Jeda waktu untuk makan bakso lagi.

Bakso itu memang enak, tapi janganlah konsumsi setiap hari. Sebulan sekali saja sudah cukup. Semakin sering kita konsumsi, maka semakin banyak zat berbahaya masuk ke tubuh. Seperti borak, penyedap rasa, dan lainnya.

Itulah beberapa tips sehat makan bakso ala homehay. Saya sendiri juga melakukannya. Semoga bermanfaat. Silahkan share.😀

4 thoughts on “Tips Sehat Makan Bakso Ala Homehay”

  1. Tips yang bermanfaat sekali 😆 : jangan jadikan bakso sebagai makanan pokok.
    Tapi pernah sih, idul adha kmrn bakso melimpah. Daripada mubadzir ya makan bakso lauk nasi. 😂😂

    1. hehe..😀 itu hrganya 30ribu IDR. itu porsi share (makan brsama 2 orng). Tak sanggup habisin. Kalau sama teman-teman dekat langsung diledekin kalau cuma mampu makan dibagi dua.. hehe😀 ngk hebat katanya. Mereka makannya tuh sediri satu porsi besar itu.. hehe😀 itu bakso bukan bikin sendiri, mbak. Tp kbtulan d Banda Aceh ada slah satu tempat yg nyediain baksonya lbh paling besar dari yg lain itu… hehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s