Jadi Penulis Saja

Tumpukan buku seumber inspirasi.
Tumpukan buku sumber inspirasi.

Ada kalanya saya berpikir untuk menjadi penulis saja. Tapi, sudah pasti usaha besar harus dilakukan. Itupun, saya juga tidak tahu harus mulai dari mana. Apakah membuat plot cerita dulu? Menentukan setting yang bagaimana? Ataukah ada hal rahasia lain yang perlu diketahui.

Pernah suatu kali (sebenarnya beberapa kali), saya ikut training-training kepenulisan. Namun, saya belum dapat hasil sih. Yaaa berharap, minimal saya bisa menghasilkan satu cerpen lah. Tidak terlalu muluk-muluk menurut saya untuk hasilkan satu saja cerita pendek. Tapi tetap saja, setelah bikin outlinenya, terus terjebak disitu. Kadang kala, saya mecoba menulis terus tanpa outline apapun, akhirnya ceritanya jadi bertele-tele tidak tahu arahnya mau dibawa kemana.

Apa yang membuat saya bertahan dalam menulis adalah karena sebuah tulisan. Tulisan ini saya ingat terus sampai sekarang.  Sebuah tulisan yang saya dapat dalam salah satu buku yang dibagikan ke peserta di komuitas menulis Tikar Pandan, Ulee Kareng, Banda Aceh, dulu. Dulu kali. Bunyi tulisanya, “Daun jatuh, tulis. Angin kencang, tulis.Merasa takut, tulis. Tulislah apa saja.” Dengan berpegang teguh pada kalimat tersebut, saya terus menulis sampai hari ini. Itulah yang membuat saya bertahan.

Untuk maju ke level berikutnya, saya rasa itu tidak bisa hanya berpegang pada kalimat tersebut. Tidak cukup. Saya harus belajar, harus tahu bagaimana membuat plot cerita, menulis jalan cerita berdasarkan plot dan menentuan setingan cerita. I have to go for that next stage, I think.

Memang menulis itu enak, nyaman. Saya senang ketika menulis. Tapi tidak bisa seperti ini terus. Saya berpikir bahwa sudah saatnya saya go for the next level.

Buku lain yang mengilhami.
Buku lain yang mengilhami.

Entahlah, tiba-tiba saya merasa seperti tidak menemukan jati diri. Seharusnya sebelum melewati umur 20 tahun, saya harus sudah tahu kemana saya akan melangkah. Sebagai penuliskah, penyanyikah, atau entahlah. Baiklah, ini saja dululah postingannya.

 

5 thoughts on “Jadi Penulis Saja”

Leave a Reply

