Muuuahalnya Ongkos Becak Motor di Banda Aceh.

Salah satu pangkalan Becak Motor di sudut kota Banda Aceh
Salah satu pangkalan Becak Motor di sudut kota Banda Aceh

Sekitar 2 minggu yang lalu, saya kembali menggunakan jasa becak motor. Hal yang sebenarnya sering saya hindari karena tarifnya sering tidak sesuai, menurut saya. Namun, karena motor saya tidak bisa saya gunakan untuk sementara, finally, I have to go by this such unfair fare transportaion a.k.a becak motor.

Saya berangkat dari Simpang Lambaro Kafe menuju Simpang Jambo tape dengan biaya IDR 35.000. Tanpa bisa tawar-menawar lagi dengan situkang becak.  Sementara dari Simpang Jambo Tape menuju Lambaro Kafe lagi dengan biaya yang harus saya keluarkan IDR 45.000. Saya harus berjalan terlebih dahulu menuju tempat pangkalan becak di samping Matahari Mall dan negosiasi hargapun tetap tidak bisa dibawah harga itu. “Saya tahu bahwa abang bukan tamu disini, mana mungkin kami bohong harganya, bang.” Kata si tukang becaknya. Pernah suatu ketika saya mengantar orang sakit yang berobat ke RSU Zainal Abidin dari Lambaro dengan ongkos becak sekitar IDR 40.000.

Wawancara saya dengan seorang teman yang sering menggunakan jasa transportasi becak motor, juga mengakuinya bahwa harganya memang sangat mahal bagi dirinya. Dari Simpang Jambo Tape menuju Simpang Ketapang, biayanya adalah IDR 45.000. Katanya, “kecuali becak yang sering jadi langganannya.” Caranya, ia minta no HP tukang becak yang waktu itu dikasih harga IDR 20.000 dari Simpang Jambo Tape ke Ketapang. Sering bila perlu memakai jasa tukang becak tersebut.

Sebelum saya menulis ini, saya juga sempat mencari informasi tarif resmi lewat situs resmi. Namun, saya tidak menemukan situs resmi pihak berwenang yang menangani transportasi becak motor. Saya hanya mendapat dari media online Serambi Indonesia di sini. Dimana diberitakan bahwa Kepala Dinas Dishub Kominfo Banda Aceh, Muzakir Tulot bahwa tarifnya adalah  Rp 5.000 untuk kilometer pertama ditambah Rp 3.500 per kilometer selanjutnya. Otoritas tersebut juga menjanjikan adanya argo pada becak, tapi saya tidak pernah melihatnya. Atau mungkin memang ada tapi sayanya yang belum pernah menemukannya.

Menurut saya, peraturan tarif dan realita di lapangan yang sangat berbeda sekali ini bisa berpengaruh pada program pariwisata pemerintah. Entahlah, mungkin ini hanya pemikiran saya sebagai orang awam.

4 thoughts on “Muuuahalnya Ongkos Becak Motor di Banda Aceh.”

    1. Iya, hehehe😀 susah jg nih kalau cuma mengandalkan transportasi ini setiap hari. Alternatif bila mau ke sini, bagusnya rental motor saja atau mobil kalau sampai bbrapa hari disini. Lebih murah, insha allah.

      1. Ada tp sdikit skali, nggak hidup gojek di sini mas… hehe😀 orang lebih milih kredit motor aja krn skrng DP motor aja murah2. Banyakan gitu, mas..😀 Ada bbrp yg sjenis Gojek, tp kbanyakn org sini pakainya hanya utk delivery belanjaan saja. Capech dech mas…. hehe😀

Leave a Reply

