Dahsyatnya Dhuha 12 Rakaat Hanya Dalam 15 Menit

Comot dari Bang Gugel
Comot dari Bang Gugel

Sebelum ngomongin dahsyatnya dhuha 12 rakaat ini, saya ingin share awal mula melaksanakan shalat dhuha. Dimana dulunya, semenjak kecil memang sudah sering dengar tentang shalat sunah dhuha. Saya hanya mengetahui bahwa shalat dhuha itu adalah shalat sunah. Sama seperti shalat sunah yang lainnya. Tidak ada sesuatu yang spesial. Palingan kalau dikerjakan yaa dapat pahala. Itu saja.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai tertarik dengan ibadah sunah yang satu ini. Saya membaca buku, video cerawah dan juga testimoni orang-orang yang mendawamkan shalat dhuha. Kelebihan demi kelebihan banyak sekali saya dengar dari mereka. Semenjak itu saya penasaran untuk melakukannya.

Pada titik ini, mungkin orang lain akan berpikir bahwa saya ini hanya coba-coba saja ibadahnya. Terserah apa kata orang, tetapi alhamdulillah saya mulai merasakan keasyikan tersendiri. Saya shalat dhuha biasanya 2 sampai 4 rakaat sehari. Kadangpun juga bolong-bolong. Namun, minimal 2 rakaat sehari bila benar-benar malas atau sibuk. Disinilah, saya mulai memperhatikan berbagai keajaiban-keajaiban rejeki yang terus berdatangan tanpa diduga dari mana. Kadang kala ada tetangga yang kasih makanan, ada teman yang traktir, ada orang yang bayar hutang, ada kemudahaan dalam urusan-urusan yang pelik, keberkahan waktu, dan lain-lain.

Beberapa waktu kemudian, saya naikkan rakaatnya menjadi 6 rakaat. Saya berpikir kalau cuma 4 rakaat belum berasa karena hanya 2 kali salam saja sudah selesai. Jadi, 6 rakaat mulai berasa shalat dhuhanya karena pas 3 kali salam. Keajaiban mulai lebih besar lagi saya rasakan. Bukan cuma makanan dari tetangga, traktiran teman atau lainnya, tetapi lebih dari itu. Kesempatan-kesempatan lain mulai berdatangan. Doa-doa mulai banyak terkabul satu per satu. Alhamdulillah. Tapi, ada juga bolong-bolongnya karena benar-benar sibuk. Padahal manfaatnya sudah dialami sendiri. Hehehe ๐Ÿ˜€ itulah manusia.

Sampai pada suatu masa, saya mulai tidak berasa lagi kalau cuma shalat 6 rakaat saja. Tidak ada tantangannya. Jadi, finally, saya berencana untuk naik level shalat dhuha 12 rakaat. Namun, saya berpikir sepertinya bakalan lama waktunya. Banyak waktu pagi yang harus dikorbankan untuk mengerjakan shalat sunah ini sampai 12 rakaat. However, saya memutuskan untuk mencobanya juga.

Awal mula mengerjakannya, saya memilih waktu di pagi hari sabtu dan minggu saja. Karena hari-hari tersebut adalah hari libur kantor. Hari pertama melakukan shalat dhuha 12 rakaat ini terasa lama sepertinya. Tetapi, alhamdulillah saya puas. Di hari kedua, saya mensiasatinya dengan membaca surah ar-rahman disetiap rakaat setelah bacaan al-fatihah. Jadi, untuk satu rakaat membaca 2 ayat di surah ar-rahman. Rakaat berikutnya tinggal disambung saja, begitu seterusnya sampai selesai 12 rakaat. Setelah selesai semuanya, saya melihat jam. Rupanya hanya membutuhkan waktu lebih kurang 15 menit untuk mengerjakan shalat dhuha 12 rakaat.

Bagi teman-teman yang sudah biasa mengerjakan shalat dhuha, ayo tingkatkan lagi rakaatnya. Rakaatnya difull-kan saja 12 rakaat. Memang kalau dipikir dengan logika bakalan banyak menyita waktu, tetapi ketika dikerjakan hanya 15 menit saja, bahkan kurang, terkadang. Buktikan sendiri dan rasakan berbagai keajaiban yang lebih besar lagi.

Saya teringat dengan salah satu kalimat yang diucapkan oleh Ust. Yusuf Mansur. Ia pernah berkata, โ€œMendawamkan shalat dhuha ibarat memiliki kunci pintunya rejekiโ€. Silahkan dicoba sendiri dan buktikan sendiri bahwa hanya sebentar saja melaksanakan 12 rakaat dhuha dan rasakan begitu derasnya nikmat Allah swt sepanjang hari tersebut.

Kalau bisa, jangan sering ditunda-tunda. Pas ada waktu, langsung laksanakan shalat dhuha. Karena bila ditunda-tunda, bisa saja nantinya kita lalai atau tidak sempat lagi mengerjakannya disebabkan ada hal lain harus dilakukan segera. Nah, bagi pemula, lakukan dulu yang lebih ringan. Misal 2 rakaat dulu setiap hari sampai menjadi kebiasaan. Bila bisa, langsung seperti saya mengawali perjalanan dhuha dengan 6 rakaat, minimal 4 rakaat. Ketika sudah nyaman naikkan lagi levelnya menjadi full 12 rakaat. Ingat!!! Iman itu juga perlu dilatih pelan-pelan (bukan kalimat saya). Hehe ๐Ÿ˜€

POSTINGAN INI ADALAH UNTUK DAKWAH DAN BOLEH DISEBARKAN DENGAN MENYEBUT SUMBERNYA. BOLEH SHARE KE FACEBOOK DAN MEDIA SOSIAL LAINNYA.

Advertisements

5 thoughts on “Dahsyatnya Dhuha 12 Rakaat Hanya Dalam 15 Menit”

  1. pengen tanya….:
    bolehkah sholat dhuha lebih dari 12 rokaat?
    walaupun sbnrnya yg 12 rokaat saja sdh trasa berat..tp apa salah nya jika pas lgi smngat2nya pngen mlksanakan misal 20 rokaat dst…
    dan tolong jawab bserta dalil nya yach…

    1. Maaf… saya tdk memiliki kapasitas utk menjawab prtanyaan tersebut, mbak ๐Ÿ˜€ buleh ditanyakan pada ahli fiqih yg mengeti masalah ini… hehe ๐Ÿ˜€ kami mlakukanya yang sbagaimana kita ketahui saja, mbak. bila pun pingin shalat lbh bnyak lagi, bisa mlakukan shalat lain speti shalat tasbih dan lainnya… ๐Ÿ˜€ itu yg sya ketahui, mbak ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s