Pengalaman Pertama Kali Melakukan Digital Marketing

“Kalau boleh tau, dari mana ibu dapat informasi tentang kursus kami?”

“Dari internet, pak.”

Itulah percakapan awal setiap pelanggan yang datang ke lembaga pendidikan yang saya kelola. Mendengar jawaban seperti ini dari mulut pelanggan, saya langsung senang jadinya. Berarti tidak sia-sia selama ini saya melakukan digital marketing via media sosial.Setelah berjibaku dengan berbagai konten yang harus diupdate secara rutin, tentunya juga harus menarik, akhirnya saya puas dengan hasilnya.

Digital marketing. Sumber: www.globaldigitalcenter.com
Digital marketing. Sumber: Global Digital Center.

Awal mula saya mencoba melakukan promosi melalui internet adalah ketika saya mengenal dunia blogging. Pelan-pelan saya mencoba menjual produk-produk kesehatandan kecantikan lewat blog dan media sosial. Rupanya banyak juga yang menelpon menanyakan informasi produk. Sejak itulah saya mulai tertarik untuk mempromosikan lembaga pendidikan yang saya kelola lewat mediasosial.

Mulailah saya melakukan observasi bagaimana cara orang lain melakukan promosi di media sosial. Bagaimana mereka memposting promosinya? Kapan mereka posting? Bagaimana mereka bisa membuat banyak netizen tertarik dan ingin membagikan postingannya lebih luas lagi? Dari situlah saya mengetahuinya sedikit demi sedikit. Akhirnya, saya mengambil langkah pertama, yaitu membuat fan page di facebook. Yaitu, halaman khusus di facebook yang menyediakan informasi seperti blog untuk berbagai keinginan.

Dengan memiliki fan page, saya bisa memposting banyak hal berkaitan dengan lembaga yang saya promosikan. Saya mengajak teman-teman facebook lainnya untuk like fan page yang saya kelola. Follower fan page saya bertambah banyak dari hari ke hari. Saya pun mulai bersemangat untuk lebih kreatif lagi dalam menyediakan konten yang bermanfaat dan menarik agar orang tertarik serta mau membagikan postingan saya lagi. Karena ini pertama kali bagi saya, sudah pasti saya melakukan try and error. Sampai kemudian, saya mendapatkan respon positif dari banyak netizen. Namun, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, itu semua membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang lebih keras lagi.

Beberapa hari yang lalu, saya sempat berpikir untuk berkerja sama dengan salah satu jasa social marketing Jakarta. Penyedia  jasa  profesional yang bergerak di bidang digital marketing. Mungkin, saya tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan energi sampai saya bisa mendapatkan manfaat besar dari promosi digital ini. Tidak perlu juga berlajar dari nol lagi karena mereka memang ahlinya dan kita terima beres saja. Akhirnya, saya coba mencari informasi tentang penyedia jasa tersebut dan saya temukanlah ABAH Digital Marketing Specialist.

ABAH Digital Marketing Specialist ini merupakan salah satu penyedia jasa promosi digital yang sangat recommended, menurut saya. Penyedia jasa digital marketing yang telah berdiri sejak 22 Januari 2014 ini menawarkan beberapa pilihan digital marketing yang kita butuhkan. Contohnya seperti blog post campaign, jasa sosial media, offline marketing campaign dan article production. Mereka juga melakukan riset pasar untuk membidik target market yang kita inginkan. Selain itu, setelah kita mengisi quotation form website resminya, mereka segera menghubungi kita untuk berkonsultasi terlebih dahulu agar tahu lebih banyak kebutuhan pelanggan sehingga tercapainya tujuan digital marketing. Pelayanan seperti inilah yang saya suka.Traveloka adalah salah satu clien yang dibantu, sehingga sampai hari ini hampir semua orang mengenal situs yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel untuk perjalanan ini. Sepertinya, saya harus segera merekomendasikannya kepada atasan saya agar bisa menggunakan jasa mereka.

Jumlah pengguna internet di Indonesia. Sumber: www.apjii.or.id
Jumlah pengguna internet di Indonesia. Sumber: APJII.

Sebenarnya, berbicara digital marketing tidak pernah habis pembahasannya. Perkembangan zaman yang sangat cepat seperti ini akan kalah bila dunia usaha tidak mampu mengikutinya. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sampai tahun 2015 , penggunaan internet sudah mencapai 139 juta dan semakin meningkat. Selain itu, waktu akses internet bisa dilakukan dimana saja, seperti cafe, ponsel, di rumah, kantor,sekolah dan tempat lainnya. Coba perhatikan data berikut ini. Seandainya digadget mereka terpampang iklan kita, besar kemungkinan mereka akan terus bisa merasa dekat dan familiar dengan jasa atau produk kita. Yang pastinya iklan dan cara promosi tersebut harus menarik. Maka, pelangganpun akan tertarik.

Pengguna internet berdasarkan tempat akses.
Pengguna internet berdasarkan tempat akses. Sumber: yahoo.

Apa yang menjadi alasan saya untuk melakukan digital marketing? Sekaranglah baru bisa saya menjawab pertanyaan ini. Yang pastinya adalah manfaat besar yang didapatkan dari digital marketing, yaitu:

  • Menjangkau target pasar tanpa batas.

Sebelum menggunakan digital marketing, kami hanya mampu melakukan promosi ke sekolah-sekolah saja. Sementara untuk tempat umum, kami hanya menempelkan brosur saja. Target pasar hanya mampu menjangkau sekolah atau tempat yang kami datangi saja. Untuk menjangkau banyak orang dengan berbagai profesi lain sangat sulit sekali. Tetapi dengan menggunakan digital marketing, jasa dari lembaga pendidikan kami bisa dikenal lebih luas dan benar-benar tanpa batas daerah, usia dan latar belakang pekerjaan.

  • Biaya marketing berkurang.

Ini yang saya suka. Untuk memasang iklan di koran dan mencetak brosur yang banyak sudah pasti memerlukan biaya yang sangat besar. Salah satu koran besar yang terbit setiap hari di kota saya memberikan harga sampai Rp. 800.000 untuk 15 kali tayang iklan dengan ukuran kecil. Namun, dengan melakukan digital marketing, iklan akan terus ada di dunia maya sampai kapan pun selama kita tidak menghapusnya. Bahkan, hanya memerlukan biaya akses internet yang saat ini sangat murah sekali. Ada operator telpon seluler yang harganya cuma Rp. 50.000 saja sudah bisa mendapatkan kapasitas 4 GB akses internet. Sehingga,  biaya operasional untuk marketingpun kian berkurang.

  • Posisi terjaga selalu dari pesaing.

Di era digital seperti sekarang ini, sebuah usaha yang dilakukan dengan tanpa bantuan  digital marketing akan semakin tertinggal dengan usaha yang dipromosikan dengan digital marketing. Alasannya adalah dikarenakan jangkauan pasar yang luas dan juga pengguna internet yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Banyak orang yang tidak ingin bersusah payah mengelilingi seluruh kota mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan. Saya sendiri juga melakukan hal yang sama sebelum memutuskan melakukan transaksi terhadap barang atau jasa yang saya inginkan. Dengan mendapatkan beberapa referensi di internet akan sangat membantu saya dalam mempertimbangkan pilihan mana yang cocok dan saya butuhkan saat membeli barang atau jasa.

Jadi, digital marketing bukan lagi sebuah pilihan, tetapi keharusan bagi dunia usaha. Pelanggan di lembaga pendidikan yang saya kelola saja 80% dari mereka mendapatkan informasinya melalui promosi digital. Efektif sekali, bukan? Nah, sekarang dengan melihat manfaat digital marketing ini, sudah saatnya para pemilik usaha meninggalkan cara lama yang terlalu banyak menghabiskan energi dan pengeluaran biaya marketing perusahaan. Kini beralihlah pada cara baru yang lebih hemat dan efektif. Bagi yang tidak memiliki skill dibidang digital marketing ini, bisa berkerja sama dengan penyedia jasa digital marketing.

Itulah pengalaman saya melakukan digital marketing. Bagaimana dengan anda? Jangan sampai pesaing anda yang duluan ambil action.

blog-writing-competition-300x300

Advertisements

7 thoughts on “Pengalaman Pertama Kali Melakukan Digital Marketing”

    1. Setujuh banget… thanks udh mau berkunjung ke sini.. Hehe 😀 nnt insya allah tak kunjung balik lah.. hehe 😀 senengnya dpt kunjungan dari teman2 gam inong bloger yang pakai wordpress… jd enak kunjung baliknya.. hehe 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s