Gratitude journal challege

Postingan ini adalah pengantar untuk memulai gratitude journal yang tentu saja saya ingin menantand diri sendiri untuk melakukannya secara online. Sering sih menulisnya di buku pribadi, tapi terkadang sering lupa dan waktu untuk menulis dibuku tersebut pun ya di rumah. But, tantangannya adalah me time untuk memegang pulpen dan buku pun juga little bit hard. So, setelah dipikir-pikir plus minusnya, finally saya memutuskan menulisnya dimedia blog ini.

Apakah Gratitude Journal?

Gratituted Journal adalah sebuah jurnal untuk mencatat hal-hal yang kita syukuri pada hari tertentu. Apa yang kita alami, atau apa yang sudah berhasil kita capai atau lainnya. Yang intinya kita ingin menghitung nikmat apa saya yang semestinya kita syukuri pada waktu tersebut. Bila dibuat journal harian, berarti dihari tersebut apa saja nikmat yang perlu kita syukuri.

Journal ini mengajarkan kita untuk terus bersyukur dan menjadi hamba yang selalu bersyukur setiap hari.

Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7)

Allah swt itu senang kalau hambanya mau bersyukur. Saking senangnya, Allah swt tambahkan lagi nikmatnya untuk hamba tersebut.

Ketika Allah meresepon positif dengan menambahkannya lagi nikmat, maka ini juga menunjukkan bahwa Allah itu benar seperti nama dalam asmaul husna, yaitu Assyakur (Maha yang bersyukur).

Dalam bab lain, Allah menanjikan memberikan kebaikan sebesar 10 kebaikan atau pahala dari Allah swt bagi mereka yang menyedekahkan 1 bagian dari hartanya. Itulah bentuk terima kasihnya Allah swt. Bagi manusia, akan sangat jarang bahkan enggak ada mungkin membalas 10 porsi lauk ke tetangganya yang kemarin berbagi 1 porsi. Inilah buktinya bahwa Allah swt adalah Assayakur (Maha yang bersyukur).

Untuk itu, saya ingin mengajak pembaca blog ini untuk menantang diri menulis hal-hal yang perlu disyukuri setiap hari dalam bentuk Gratitude Journal. Karena iman itu perlu dilatih. Makanya ini juga menjadi seperti Riyadhoh juga yang berbuah pahala insha allah.

Memang sebenarnya untuk menghitung nikmat Allah swt tidak pernah bisa selesai. Seandainyapun kita jadikan ranting-ranting kayu sebagai pena dan air laun sebagai tinta, maka sungguh tidak cukup karena saking banyaknya. Namun, untuk refleksi diri akan kasih sayangnya Allah swt ke kita semua, yuk kita latihan (baca: riyadhoh) membuat gratitude journal.

Semoga Artikel ini bermanfaat. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s